Setelah dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si, Musabaqah Qiraatul Qutub (MQK) Tingkat Provnsi Kalimantan Barat Tahun 2017 Selasa, (22/8) maka pada hari pertama telah digelar 3 tingkatan pendidikan Salafiyah yakni MQK tingkat Ula, Ulya dan Wustho. Sedangkan cabang lainnya adalah lomba Debat Bahasa Arab.

Koordinator MQK tingkat Wustho Drs. H. Mahdi Siregar menjelaskan bahwa pada hari Rabu, 23 Agustus 2017 peserta yang akan ditampilkan dengan membaca Kitab Fiqih yang merujuk kepada Kitab “Fathul Qarib” yang diikuti oleh 19 peserta yang terdiri dari peserta putra dan putri. Adapun tempat pelaksanaan cabang ini di pusatkan di Aula terbuka Asrama Haji Pontianak.

“Pada saat tampil setiap peserta akan dinilai dari aspek lafadz bacaannya, dari kaedah Nahwu Sorofnya, terjemahannya dan makna dari bacaan tersebut, sehingga masing masing peserta diharapkan memahami betul kitab yang dibacanya,” jelas Mahdi.

Lanjutnya, selain lomba membaca Kitab Fathul Qarib, MQK tingkat Wustho akan diperlombakan 3 kitab lainnya yaitu Kitab Nahwu Imriti, Kitab Hadits Syarh Al-‘Arba’in An- Nawawiyah dan Tafsir Jalalain.

Adapun jumlah peserta MQK tingkat Wustho sebanyak  68 orang yang terdiri dari peserta Ilmu Fiqih Kitab Fathul Qarib 19 orang, Ilmu Nahwu Kitab Nahwu Imriti 20 orang, Ilmu Hadits Kitab Hadits Syarh Al-‘Arba’in An- Nawawiyah 14 orang sedangkan peserta Cabang Tafsir Jalalain sebanyak 15 orang. (Irwanto_Humas)

Berita: