Pemukulan Bedug oleh Bupati Sekadau Rupinus, SH.M.Si menandai pembukaan  Musabaqah Tilawartil Qur'an (MTQ) ke V tingkat Kabupaten Sekadau, selasa (13/3/2018). Acara yang berlangsung di Kecamatan Belitang tersebut di ikuti seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau. Berlokasi di Lapangan bola lebak kobi Belitang kegiatan berlangsung meriah. 

Hadir selain Bupati,  wakil Bupati Aloysius, SH.M.Si, ketua DPRD Albertus Pinus, DPD RI perwakilan dari pemerintah Pusat H. Drs. Abdul Rahmi, Sekda sekadau H. Drs. Zakaria Umar, M Si beserta kepala SKPD, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sekadau H. Darohman, S Ag. M. Si kepala Desa,  BKMT, ormas keagamaan,  tokoh agama dan tokoh masyarakat. Tampil sebagai pembaca doa kasi Bimas Islam Kemenag Sekadau Muslimun, S. Ag.

Mengawali pembukaan di awali dengan permainan Drum Band oleh SMK Amaliyah Sekadau. Defile dari kecamatan sekadau Hilir berkekuatan 40 kafilah memasuki lapangan upacara kemudian menyusul defile dari kecamatan Sekadau Hulu yang dipimpin Susilo dengan kekuatan 65 orang dengan moto maju tak gentar dengan siapa yang bayar.  

Defile dari kecamatan Nanga Taman berjumlah 50 orang kafilah dengan moto selama ada usaha dan ikhtiar semua akan menjadi kenyataan. Defile dari kecamatan nanga mahap dari ujung selatan kabupaten sekadau berkekuatan 70 kontingen dengan 30 peserta musabaqah.Defile dari kecamatan belitang Hilir datang dengan rombongan sebanyak 45 orang. Kontingen berikutnya dari kecamatan Belitang Hulu  terakhir sebagai tuan rumah dari kecamatan Belitang dengan jumlah kontingen 26 kafilah. 

Selanjutnya setelah menyanyikan lagu indonesia Raya di lanjutkan dengan pembacaan ayat suci alqur'an oleh Abdul Gakim Nasution.  Ketua panitia camat Belitang Saud Parolian mengatakan MTQ kabupaten  di kecamatan belitang berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 maret 2018. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan MTQ.  Harapannya kedepan kerjasama untuk terus ditingkatkan di setiap even yang dilaksanakan.

Di Tempat yang sama ketua umun LPTQ Kabupaten Sekadau Nurhadi dalam sambutannya mengharapkan penyelenggaraan MTQ dapat menjadikan pedoman penyemangat bagi umat islam dalam membaca alquran sehari-hari. Kepada panitia ia berharap pelaksanaan MTQ tidak mencari yang terbaik namun tingkatkan terus kerjasama di semua lini.  Pelaksanaan MTQ juga sebagai persiapan menyambut MTQ tingkat propinsi di Kabupaten Mempawah. 

Sementara Kepala Kemenag Sekadau H. Darohman, S Ag. M.Si mengharapkan pelaksanaan MTQ dapat menjadi silahturahmi antara sesama umat islam.  Pelaksanaan MTQ sebagai upaya agar umat islam mencintai alquran. Atas nama Kemenag Kami selalu mendukung pelaksanaan MTQ,"ucapnya. 

Penyelenggaraan MTQ di harapkan dapat kenbali kebtujuan semula menjadikan alquran sebagai pegangan hidup. Mari jadikan ajang ini sebagai pembinaan kepada putra-putri kita untuk selalu mencintai alquran. Selamat mengikuti MTQ ke V di belitang kepada para peserta yang bertanding.

 Sementara Bupati Sekadau mengatakan pelaksanaan MTQ di belitang merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau. Pelaksanaan ini menunjukan eksistensi masyarakat dalam membangun di bidang keagamaan. Momentum MTQ sebaiknya dapat menjadikan tolak ukur sejauh mana pelaksanaan MTQ yang dinterapkan dalam kehidupan sehari-hari.  MTQ merupakan agenda Nasional yang di laksanakan setiap dua tahun sekali. Melalui MTQ ini Bupati berharap dapat melahirkan insan-insan muda yang islami dan mampu berdaya saing. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan MTQ ini dapat menciptakana insani yang qur'ani yang mampu membangun Kabupaten Sekadau,"harapnya. (Andre) 

Berita: