Sejumlah kegiatan diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) MTs ASWAJA ke-31. Kegiatan yang diadakan setiap tahun ini untuk HUT ke-31 dikomandani oleh Dasta Hariansyah yang sehari-hari sebagai Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dan Suci Wulandari, S. Pd. sebagai sekretaris panitia. 

Informasi yang diperoleh bahwa untuk tahun ini setidaknya ada empat lomba yang diadakan yaitu Lomba Menulis Khusus Guru MI/MTs se-Kota Pontianak, Lomba Khat/Kaligrafi untuk siswa SD/MI, Lomba Kaifiyatus Sholat (Shubuh) tingkat SD/MI dan Pertandingan Futsal. "Hingga detik ini, rapat teknis dan persiapan telah dan akan terus berlangsung, dan lewat media ini juga disampaikan bahwa pendaftaran lomba hingga tanggal 1 Maret 2018, sehingga masih ada waktu panjang untuk mempersiapkan diri", demikian himbau Ketua Panitia, Dasta Hariansyah.

Kepala MTs ASWAJA Pontianak, Sholihin H. Z., M. Pd. I saat dihubungi menyatakan bahwa kegiatan ini selain untuk promosi madrasah khususnya untuk siswa SD/MI yang dengan kegiatan ini diharapkan memberikan respon positif untuk menjadikan madrasah kami sebagai madrasah tempat menimba ilmu pada jenjang berikutnya dan tentu syiar Islam dengan cara memediasi minat dan potensi siswa/i SD/MI terutama yang berkaitan dengan tema lomba yang kami adakan. "Satu kegiatan yang baru pertama kali diadakan adalah adanya Lomba Menulis Khusus Guru MI/MTs se-Kota Pontianak, kegiatan ini dimaksudkan untuk membudayakan menulis di kalangan guru dan secara umum mendukung adanya program Pontianak Kota Literasi, dan mengingat masih lemahnya budaya menulis di Kota Pontianak ini juga menjadi salah sebab kami adakan kegiatan ini," ujar Sholihin. (Humas MTs ASWAJA_D)