Gugus Depan Pangeran Tajuk Alam MTsN 1 Melawi mengutus 20 siswa untuk mengikuti Raimuna Anjangsana GEMURUH AIK PINOH 2020 di Bumi Perkemahan Kedoma Desa Tanjung Gunung Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi. Dua Puluh  siswa tersebut dibagi kedalam dua regu yaitu Gudep 04023 terdiri dari sepuluh  anggota Penggalang Putra dan Gudep 04024 terdiri dari sepuluh anggota Penggalang Putri.

GAP 2020 yang dilaksanakan oleh Kwarran Tanah Pinoh ini dilaksanakan dari tanggal 14 s/d 19 Januari 2020 yang dibuka langsung oleh Staf Ahli Bupati Melawi Bidang Perekonomian Bapak Ivo Titus Mulyono, M.Si (mewakili Bupati Melawi) pada tanggal 14 Januari 2020, yang diikuti oleh anggota Gerakan Pramuka Tingkat SMP/MTs, SMA/MA/SMK dari beberapa kecamatan seperti Tanah Pinoh,Tanah Pinoh Barat, Sokan dan Sayan.

Kamabigus/Kepala MTsN 1 Melawi Fakhrudin,S.Pd.SD menjelaskan bahwa, MTsN 1 Melawi telah menugaskan dua  Guru Pembina untuk memaksimalkan siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut yang didalamnya terdapat beberapa perlombaan seperti: Lomba Tata Upacara Bendera, Lomba LKBB, Lomba Penjelajahan, Lomba Hasta Karya, Lomba Memasak, Lomba Lagu Solo Bebas, Lomba Tarian Daerah, Lomba Master Ceremony, Lomba Duta Pramuka, Fashion Show dan Lomba Semaphore dan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pendalaman materi kepramukaan.

Lebih jauh Kepala MTsN 1 Melawi menegaskan bahwa mengikutsertakan siswa dalam kegiatan tersebut selain bagian dari rekreasi kreatif adalah menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yakni mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial, serta membekali anggota pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan potensial yang selaras dengan kebutuhan generasi muda saat ini. Soal mendapatkan juara atau tidak itu bukan sebuah tujuan utama, namun pembentukan siswa yang kreatif, terampil dan berkarakter adalah harapan dibalik kegiatan tersebut, harapnya mantap. (Fakhrudin)