Pelaksanaan pawai ta’aruf yang diselenggarakan oleh PHBI Kabupaten Landak dalam rangka menyambut tahun baru Islam di Kota Ngabang Kabupaten Landak berlangsung meriah. Ribuan umat Islam tumpah ruah pada hari Kamis pagi (21/9) di kawasan Keraton Ismahayana Landak untuk bersama-sama melakukan pawai menyambut 1 Muharram 1439 hijriyah. Mengambil start di depan Masjid Jami Keraton Ismahayana Landak, peserta pawai berjalan menyusuri Desa Raja, Hilir Kantor, Pasar Ngabang kemudian finish di halaman Koramil Ngabang.

MTs Negeri Ngabang bergabung bersama 67 peserta pawai ta’aruf lainnya ikut ambil bagian menyemarakkan kegiatan syiar Islam ini. Mengusung tema bersatu dalam bingkai kebhinnekaan, seluruh peserta menampilkan konsep yang menarik dari setiap tim. MTsN Ngabang pun berusaha menampilkan konsep yang berbeda dalam penampilannya. Menurut wakil kepala sekolah bagian kesiswaan Erawaty, konsep yang ditampilkan oleh tim MTsN Ngabang adalah wujud dari Islam rahmatan lil ‘alamin di Indonesia.

Dari 15 orang setiap timmnya, MTsN Ngabang  menampilkan peserta yang menggunakan kostum mewakili suku di Indonesia. Adapula siswa yang mewakili beberapa ormas Islam besar di Indonesia.  Terlihat pula miniatur ka’bah dan burung Garuda Pancasila dalam barisan tim MTsN Ngabang.

“Ka’bah yang kita bawa ini sebagai simbol pemersatu Umat Islam dalam beribadah lalu miniatur burung Garuda Pancasila sebagai simbol bahwa kita hidup di negara Indonesia yang majemuk, sehingga konsep Islam Rahmatan lil’alamin dapat diterapkan di Negara Indonesia yang menjunjung persatuan dalam kemajemukan”, ungkap Beliau.

Siswa MTsN Ngabang yang menjadi peserta dalam pawai tersebut turut gembira bisa mengikuti kegiatan ini. Mia Vasya yang juga pengurus OSIS mengungkapkan bahwa ini merupakan kali kedua ia mengikuti kegiatan pawai ini dan berharap bisa membawa kemenangan kembali bagi Tim MTsN Ngabang.”Alhamdulillah senang sekali bisa ikut kegiatan pawai membawa nama MTs, selain ikut meramaikan, semoga bisa menang pak”, ujar Mia. (Sybr)