Sambas – MAN Insan Cedekia Sambas. Satu lagi prestasi gemilang pada bidang sains yang ditorehkan oleh siswa MAN Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat. Dalam ajang kompetisi sains tingkat Provinsi (OSP) yang di gelar di hotel Kartika Kota Pontianak pada hari Rabu tanggal 16-17 Mei 2018 lalu, siswa MAN Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat atas nama Muhammad Fikri Nugraha yang mewakili Kabupaten Sambas Kalimantan Barat ke tingkat Provinsi Kalimantan Barat berhasil lolos sebagai juara tingkat provinsi bidang Kimia dan akan berlaga pada Olimpiade Sains Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 01 – 07 Juli 2018 di Padang sumatera Barat nanti. Dari seleksi Tingkat Provinsi ini, MAN IC Sambas mengirimkan 5 orang peserta dari bidang Matematika, Kimia, Geografi, Ekonomi, Astronomi dan Fisika dan berhasil meloloskan satu perwakilan menuju tingkat  nasional, yakni pada bidang Kimia pada ajang olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2018 ini.

Sebagai sebuah kompetisi keilmuan bidang sains, OSP memiliki gengsi yang sangat tinggi karena merupakan gerbang terakhir para peserta untuk meraih tiket emas menuju Olimpiade Sains Nasional (OSN). Di samping itu juga, dalam persaingan ada pelajaran penting yang dipetik, yaitu, kejujuran, sportivitas, dan anti mencontek yang akan menjadi kultur bagi generasinya.

Kepala MAN IC Sambas Kalimantan Barat, Mursidin, M.Ag mengungkapkan rasa bangga atas perolehan prestasi Muhammad Fikri Nugraha ini. Walau usia sekolah yang boleh dikatakan muda dibanding sekolah-sekolah yang mengikuti kompetisi tersebut. Apresiasi penuh diberikan oleh Mursidin yang salah satunya berupa memberikan pembelajaran intensif di 3 kota berbeda dalam rangka persiapan OSN yang akan diadakan di Sumatera Barat mendatang. 

Muhammad Fikri Nugraha merupakan anak ke 2 dari 5 bersaudara dari pasangan Muhammad Heru dan Uray Trisnawati yang lahir pada tanggal 6 Maret 2001 ini saat ini sedang duduk di kelas XI MIA 1 MAN Insan Cendekia Sambas. Fikri merupakan anak yang berpenampilan biasa saja yang bergaul sama seperti teman lainnya. Ia juga merupakan pengurus OSIS di MAN IC Sambas. Cita-cita Fikri ingin menjadi seorang Dokter karena ia ingin membantu orang banyak ujar fikri saat di tanya usai kegiatan lomba OSP.(ded/hmsic)