Dalam rangka mengoptimalisasi Penerimaan ZIS (Zakat, Infaq dan Sadaqah) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalbar Kepala Bagian Tata Usaha, H. Rohadi, S.Ag, M.Si didampingi Kepala Bidang Penerangan Islam Zakat dan Waqaf (Penais Zawa) Kaharudin, S.Ag mengadakan pertemuan dengan staf Penais Zawa dan perwakilan Bidang serta Subbag, Kamis (31/05).

Pertemuan ini bertujuan untuk membentuk panitia UPZ Kanwil Kemenag Kalbar yang baru.

Membuka rapat, Kaharuddin mengatakan bahwa Pengumpulan ZIS di Lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar Belum maksimal. Berdasarkan data yang ada Karyawan/i Kanwil Kemenag Prov. Kalbar yang beragama Islam, berjumlah 118 orang; Yang membayar Zakat, berjumlah 77 orang; Yang membayar Infaq, berjumlah 38 orang; Yang membayar Zakat & Infaq, berjumlah 12 orang; dan Yang belum dipotong ZIS nya, berjumlah 15 orang.

Melihat data tersebut diatas, bisa dikatakan bahwa potensi ZIS di Kanwil Kemenag Kalbar ini sangat besar . “Bisa kita lihat dari jumlah pengumpulan UPZ Kanwil tahun 2018 berdasarkan Data sampai bulan Juni yaitu Zakat berjumlah Rp. 90.612.700 dan Infaq berjumlah Rp. 12.210.000. Naik dibanding Tahun 2017”, ujar Kaharudin.

Maka dengan terbentuknya Tim UPZ yang baru ini diharapkan dapat meranggkul rekan-rekan ASN Kanwil Kemenag Kalbar yang belum dipotong ZIS nya. Karena sebelumnya pada tahun 2016 pengumpulan UPZ sempat mengalami penurunan sebesar 9,5% dibanding tahun 2015 dan pada tahun 2017 mengalami penurunan sebesar 2,1 %.

Menanggapi hal ini, Kabag TU kemudian menghimbau kepada Kabid Penasi Zawa beserta staf untuk dapat mengakomodir pengumpulan ZIS ini dengan membentuk tim yang beranggotakan dari masing-masing bidang dan subbag. Selain itu yang paling penting, H. Rohadi menegaskan untuk kemudian dapat mengelola sebaik mungkin ZIS yang telah terkumpul.

“Jika bisa dan sesuai peruntukkannya, diharapkan hasil pengumpulan UPZ dapat digunakan untuk pihak yang berhak dan membutuhkan”, ujar Rohadi. (Inmas_welsi)

Berita: