SAMBAS – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) adalah wadah bagi siswa-siswi untuk menampung aspirasi siswa dan siswi disetiap sekolah. Tak terkecuali pada siswa dan siswi yang tergabung OSIS MPK MAN IC Sambas. Setelah melalui proses panjang dalam penyeleksian untuk mengikuti kongres maka terpilihlah Rizky Rinaldi dan Nadira Aqilla untuk mengikuti kegiatan kongres bertaraf nasional yang bertajuk Madrasah Youth National Intellectual Congress yang diadakan oleh Kementerian Agama RI di MAN IC Serpong dan parlemen di DPR RI.

Sebelum berangkat, Kepala MAN IC Sambas Mursidin, M.Ag. berpesan kepada mereka agar dapat mengharumkan nama MAN IC Sambas dan Kalimantan Barat tentunya di even nasional tersebut. Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini dibuka langsung oleh Direktur KSKK H. Ahmad Umar. Kegiatan ini membahas dan mendiskusikan tentang kegiatan OSIS MAN IC Indonesia dan membentuk Ikatan OSIS IC Indonesia serta membahas tentang Indonesia Impian 2045 dan Bonus Demografi pada puncak kejayaan Indonesia 2045 mendatang.

Perwakilan MAN IC Sambas didampingi Pembina OSIS Puja Murdianto, S.Pd. mendapatkan kesempatan untuk mendemonstrasikan mengenai Kementerian Sosial RI. Dan dalam rangkaian kegiatan tersebut seluruh peserta yang berjumlah 40 siswa siswi MAN IC Indonesia berkesempatan juga mengikuti kunjungan parlemen ke Gedung DPR RI dan bertemu langsung Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin di Kementerian Agama RI.

Rizky dan Nadira berharap agar kegiatan tersebut tidak hanya menjadi sebuah even yang lepas begitu saja namun dapat diimplementasikan dalam kehidupan berorganisasi nanti. Ungkapan terima kasih mereka sampaikan kepada pihak MAN IC Sambas terutama Kepala Madrasah Mursidin, M.Ag. dan semua guru-guru yang telah mendukung penuh keikutsertaan mereka pada kegiatan ini. (ded)