Usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-72, yang dipusatkan di Halaman MTs Negeri 1 Pontianak pada Rabu (3/1/2018), Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak H Azharuddin Nawawi, SAg beserta jajarannya melakukan ziarah kubur. Menurut ketua panitia HAB Kemenag Kota Pontianak Sunardi SH MSi, tahun ini ziarah dilakukan di tiga makam keluarga besar Kemenag yang telah mendahului menghadap sang pencipta.

Adapun tiga lokasi ziarah yang dikunjungi, yakni makam Mantan Kepala Kanwil Kemenag Kalbar (almarhum Drs H Ja’far Daeng Bide’) di pemakaman muslim Jalan Tabrani Achmad. Kemudian makam mantan Kepala Kemenag Kota Pontianak (almarhun H Asy’ari, SAg) di komplek pemakaman muslim Jalan Danau Sentarum Pontianak. Serta makam mantan penyuluh Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak (almarhum Drs H Ibnu Masykur) di pemakaman muslim Komplek Palapa Jalan Achmad Yani Pontianak.

Pada saat melakukan ziarah di tiga lokasi pemakaman tersebut Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak beserta jajaran, dan Ketua DWP Kemenag Kota Pontianak beserta pengurus melakukan doa bersama dan tabur bunga. Di makam Mantan Kepala Kanwil Kemenag Kalbar (almarhum Drs H Ja’far Daeng Bide’), pembacaan doa dipimpin oleh H Aswadi SHI. Kemudian di makam mantan Kepala Kemenag Kota Pontianak (almarhun H Asy’ari, SAg), doa dipimpin oleh H Muslimin SAg. Sedangkan di makam almarhum Drs H Ibnu Masykur, doa dipimpin oleh Sumardi, SPdI.

Usai melakukan ziarah, Sunardi yang juga adalah Kasubag Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Pontianak ini mengatakan bahwa ziarah ke makam para almarhum tersebut rutin dilakukan setiap tahun oleh Kepala Kantor dan Panitia HAB Kemenag Kota Pontianak. Hal tersebut dilakukan untuk mendoakan dan mengenang kebaikan serta jasa-jasa almarhum semasa hidupnya, jelasnya singkat.*(Sumi/Ptk)

Berita: