Harapan masyarakat Kecamatan Delta Pawan untuk memiliki Balai Nikah dan Gedung KUA yang reperesentatif untuk dilkasanakannya peristiwa nikah dan rujuk akhirnya tercapai. Gedung KUA Delta Pawan yang dilengkapi berbagai fasilitas pelayanan kemasyarakatan dan Balai nikah ini berdiri megah dan suasana yang bersih dan nyaman. Sehingga memberikan nuansa yang nyaman kepada masyarakat yang memiliki kepentingan dalam kepengurusan berbagai hal yang dilayani oleh KUA Delta Pawan. “Kalau masuk sini nih pak bawaannya langsung pengen nikah lagi”, ungkap salah satu hadirin yang ada dalam acara persmian KUA Delta Pawan ini dan disambut gelak tawa mereka yang mendengarnya.

Gedung baru KUA Delta Pawan berdiri tidak hanya sebagai usaha Kanwil Kemenag Kalbar maupun Kan.Kemenag Kabupaten Ketapang saja, namun adalah hasil kesabaran, kerja keras dan semangat para pegawai KUA Delta Pawan dalam keinginannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat di Kecamatan Delta Pawan.

KUA Delta Pawan resmi berdiri setelah dilakukan acara gunting pita oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H.Ridwansyah, M.Si dan tasyakuran  yang dihadiri oleh perwakilan masyarakat dan pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang pada hari Selasa, 20 Februari 2018. Dengan berdirinya gedung KUA yang sangat indah ini H. M.Syafi’e, S.Ag siap membantu para jomblowan dan jomblowati yang masih merasa berat untuk menikah di Kabupaten Ketapang akibat terkendala masalah biaya. Karena menikah di KUA Delta Pawan pada jam kerja tidak dipungut biaya bahkan dengan adanya ruang balai nikah yang rapi, bersih dan nyaman akan membuat suasana pernikahan di KUA Delta Pawan layaknya menikah di sebuah hotel maupun gedung serbaguna. @luthfi/Inmas