SINGKAWANG. Kamis (21/9), setelah sholat Zuhur, Lapangan Sepak Bola Tarakan Kelurahan Sekip Lama Kecamatan Singkawang Tengah mulai dipadati oleh ribuan masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya yang akan mengikuti serta menyaksikan kegiatan Pawai Akbar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang.

Dalam laporannya, ketua PHBI Kota Singkawang, H. Ruslan Karim melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan merupakan agenda tahunan PHBI. Ia juga menyampaikan kegiatan pawai akbar ini selain untuk memperingati pergantian tahun 1438 H ke 1439 H, juga merupakan kegiatan dakwah bil hal. Adapun peserta pawai adalah seluruh masyarakat muslim Kota Singkawang yang tergolong dalam ormas-ormas Islam, Pengurus Masjid, Majlis Taklim, Lembaga Pendidikan dan Instansi Pemerintahan yang ada di Kota Singkawang.

Kembali disampaikan ketua PHBI Kota Singkawang, bahwa sesuai dengan tema pawai yang diusung PHBI yaitu “Pawai Akbar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H Peduli Kemanusiaan Rohingya” maka, kegiatan ini tidak hanya sekedar pawai, namun dilaksanakan juga diadakan penggalangan dana kemanusiaan untuk Etnis Rohingya Myanmar. Adapun dana yang terkumpul dari para koordinator sebesar Rp. 27.510.300,00 (Dua puluh tujuh juta lima ratus sepuluh ribu tiga ratus rupiah) yang akan disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Singkawang.

Sementara itu, Hery Apriyadi Asisten I Pemerintahan yang mewakili Walikota dalam sambutannya sekaligus melepas peserta pawai menyampaikan selamat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H kepada seluruh umat muslim Kota Singkawang. Ia mengungkapkan kegiatan pawai yang dilakukan merupakan implementasi dari kegiatan hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah pada 14 abad yang lalu. Untuk itu ia berharap masyarakat Kota Singkawang dapat memaknai hijrah dalam kehidupan sehari-hari apakah itu dalam hal ibadah, sosial maupun perundang-undangan. “Ibadah semakin meningkat, dalam hal sosial kita lebih peduli terhadap sesama dan dalam perundangan-undangan kita selalu taat dan patuh terhadap peraturan baik peraturan daerah maupun Undang-undang Negara Republik Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Hery mengajak masyarakat dan para generasi muda untuk bisa berhijrah menjauhi narkoba serta terus meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan bersama-sama menjaga kerukunan untuk mewujudkan Kota Singkawang yang aman, nyaman, maju dan sejahtera.

Selanjutnya, setelah acara pelepasan, iringan peserta pawai dipimpin oleh Drumband Madrasah Aliyah Negeri (MAN) MODEL Singkawang. Adapun rute pawai yaitu dimulai dari Lapangan Sepak Bola Tarakan menuju Jl. Pemuda, Jl. Jend. Sudirman, Jl. Nusantara, Jl. Setia Budi, Jl. Setia Budi, Jl. Sejahtera, Jl. P.Diponegoro dan finis di Masjid Raya Singkawang.(Jk/hms)

Berita: