SINGKAWANG. Selasa (15/5), Komplek Masjid Raya Singkawang dipadati oleh ribuan masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya yang akan mengikuti serta menyaksikan kegiatan Pawai Ta’aruf Menyambut Buan Suci Ramadhan 1439 H yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang. Adapun peserta pawai adalah seluruh masyarakat muslim Kota Singkawang yang tergolong dalam ormas-ormas Islam, Pengurus Masjid, Majlis Taklim, Lembaga Pendidikan dan Instansi Pemerintahan yang ada di Kota Singkawang.

Dalam laporannya, ketua PHBI Kota Singkawang, H. Ruslan Karim melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan merupakan agenda tetap dari PHBI yang dilaksanakan setiap tahun dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Untuk tahun ini, Ruslan Karim mengungkapkan kegiatan pawai yang dilaksanakan ini juga merupakan bagian dari kegiatan Singkawang Ramadhan Fair 1439 H yang digagas oleh pemerintah Kota Singkawang. Ia juga menyampaikan kegiatan pawai ini selain untuk menyambut datangnya bulan suci yang penuh berkah, rahmat dan ampunan dari Allah SWT., juga merupakan kegiatan dakwah bil hal. “Dengan kegiatan ini, kita tunjukkan bahwa Islam itu sebagai agama rahmatan lil alamin dan kita mampu menjaga kebersamaan sesuai dengan visi misi walikota Singkawang,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie dalam sambutannya sekaligus melepas peserta pawai menyampaikan selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H kepada seluruh umat muslim Kota Singkawang. “Semoga bulan yang agung ini betul-betul dimanfaatkan sebagai ladang amal untuk memperkaya diri dengan amal ibadah yang maksimal.” harapnya. Walikota juga berharap momentum Ramadhan ini menjadi ajang introfeksi diri untuk melangkah ke arah yang lebih baik lagi. “Dengan momentum Ramadhan, marilah kita perbaharui tekad dan komitmen bersama-sama pemerintah dan masyarakat menjadikan hari ini lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini,” ajaknya.

Pada kesempatan itu juga Walikota mengajak seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan bersama-sama menjaga kerukunan untuk mewujudkan Kota Singkawang yang aman, nyaman, maju dan sejahtera. Mari bersama-sama kita pertahankan semangat persaudaraan dalam perbedaan-perbedaan. Kita tetap bersaudara meski berbeda-beda agama, suku maupun asal usul golongan,” ajaknya.

Menurutnya perbedaan adalah sunnatullah atau hukum alam. Oleh karena itu, tidak sepatutnya apabila ada diantara kita satu dengan yang lain saling memaksakan kehendak masing-masing. “Marilah kita saling menghormati dan saling menghargai, bagi umat yang lain agar menghormati umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa,” tutupnya.

Selanjutnya, setelah acara pelepasan, iringan peserta pawai dipimpin oleh Drumband MA Ushuuddin Singkawang. Adapun rute pawai yaitu dimulai dari Masjid Raya Singkawang menuju Jl. Budi Utomo, Jl. Setia Budi, Jl. Niaga, Jl. Sejahtera, Jl. P.Diponegoro, Jl. Yos Sudarso dan finish di Masjid Raya Singkawang. (Jk/skw)

Berita: