SINGKAWANG. Ribuan masyarakat memenuhi komplek Masjid Raya Singkawang untuk mengikuti dan menyaksikan pawai takbir Idul Fitri 1439 H yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang pada malam 1 Syawal 1439 H yang bertepatan pada hari Kamis, 14 Juni 2018.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pawai takbir Idul Fitri dilaksanakan dengan berkendaraan mobil yang dihias dengan aneka kreasi mewarnai jalan pada malam takbiran tersebut. Kendaraan yang ikut pawai tidak hanya bertema Idul Fitri. Ada juga yang menghias kendaraannya dengan nuansa budaya masyarakat serta ada juga yang hanya menghiasi dengan lampu yang berwarna warni.

Dalam laporannya, ketua PHBI Kota Singkawang, H. Ruslan Karim melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan merupakan agenda tahunan PHBI. Ia juga menyampaikan kegiatan pawai takbir keliling selain untuk merayakan hari kemenangan melawan hawa nafsu dengan berpuasa selama sebulan, juga merupakan kegiatan dakwah bil hal. Adapun peserta pawai adalah seluruh masyarakat muslim Kota Singkawang yang tergolong dalam ormas-ormas Islam, Pengurus Masjid, Majlis Taklim, Lembaga Pendidikan dan Instansi Pemerintahan yang ada di Kota Singkawang.

Sementara itu, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, SE dalam sambutannya sekaligus melepas peserta pawai takbir keliling menyampaikan selamat menyambut hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri 1439 H kepada seluruh umat muslim Kota Singkawang. Pada kesempatan itu juga walikota mengajak masyarakat memaknai kemenangan Idul Fitri yang sesungguhnya ialah menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya setelah selama sebulan digodok dengan berbagai ibadah dibulan Ramadhan. Walikota juga berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi sarana dan medium untuk mempererat tali silaturahmi baik antar sesama umat muslim maupun umat agama lain agar kerukunan dan kedamaian dapat terpelihara dengan baik di Kota Singkawang. “Kami sangat berharap kita semua bersatu padu membangun Kota Singkawang menjadi kota yang harmonis, aman dan nyaman ditempati dan dikunjungi,” harapnya

Selanjutnya, acara pelepasan kegiatan takbir keliling ditandai dengan pemukulan beduk oleh walikota Singkawang yang didampingi oleh Wakil Walikota serta para undangan lainnya. Takbir bergemuruh menyelimuti alam semesta mengiringi rombongan peserta takbir keliling Idul Fitri 1439 H / 2018 M Kota Singkawang. Adapun iringan peserta pawai takbir Idul Fitri 1439 H akan melewati rute yang dimulai dari Masjid Raya Singkawang menuju Jl. Niaga - Jl. Budi Utomo - Jl. Kurau - Jl. Setia Budi - Jl. Sejahtera – Jl. P.Diponegoro – Jl. A.Yani - Jl. Alianyang - Jl. Yos Sudarso dan finis kembali di Masjid Raya Singkawang.(Jk/skw)

Berita: