Sambas, Rabu (22/01/2020) Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Sajad menyampaikan dakwah ZIS di Balai Desa Jirak. Diawali kata sambutan kepala Desa Jirak Ijmal mengajak masyarakatnya untuk mengikuti program S3i.

Disampaikan dalam dakwah Kepala KUA Kec. Sajad Ahadi, S.sos bahwa pengertian infaq adalah berasal dari kata anfaqa–yunfiqu yang artinya membelanjakan atau membiayai yang berhubungan dengan usaha realisasi perintah-perintah Allah.Tujuannya bisa untuk kebaikan seperti donasi atau sesuatu yang bersifat untuk diri sendiri.

Perintah supaya seseorang membelanjakan harta tersebut untuk dirinya sendiri ada di dalam firman Allah SWT :“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. At-Tagabun: 16).

Kesimpulannya, infaq adalah sebuah kegiatan membelanjakan atau mengeluarkan harta kita tanpa ada nisab atau ukuran seberapa banyaknya harta yang harus dikeluarkan seperti zakat. Kamu dapat menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan mu dengan menyisihkan sebagian uang untuk berinfaq. Acara dihadiri Kepala Desa, Kepala Dusun, Ketua RT, RW serta seluruh aparat desa Jirak. (AHD)