Setelah berkunjug ke Raudhatul Athfal Al-Islah, H. Azharuddin Nawawi, S.Ag, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak, selasa (17/10) pukul 09.58 WIB meneruskan perjalanannya ke KUA Kecamatan Pontianak Barat yang beralamat di Jalan Thabrani Achmad.

Kunjungan pejabat nomor satu Kemenag Kota Pontianak ini ke KUA tersebut adalah dalam rangka memonitor, mengenal satker di wilayah kerjanya dan sekaligus memperkenalkan diri sebagai pimpinan baru Kemenag Kota Pontianak. Karena sejak  hari senin tanggal 9 Oktober 2017, setelah Azharuddin Nawawi dimutasi dan dilantik menjadi Kepala Kankemenag Kota Pontianak oleh Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama Republik Indonesia,berarti mendapat tugas dan amanah baru dan tempat kerja yang baru.

Sebab itu mantan Kemenag Kabupaten Melawi ini perlu mengunjungi untuk mengetahui satker di lingkungan kerjanya. Dengan pelantikan tersebut berarti juga Azharuddin Nawawi merupakan pejabat Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak yang ke 12 setelah, Drs.H. Jawani memasuki masa pensiun per 1 Oktober 2017. Sebelumnya, Azharuddin Nawawi menjabat sebagai Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat .

Saat sampai di kantor yang berada satu komplek dengan Kantor Kecamatan Pontianak Barat tersebut, KPA Kemenag Kota Pontianak disambut dengan senang hati oleh Kepala KUA H. Muslimin, S.Ag dan para stafnya karena dikunjungi pejabat nomor satu di Kemenag Kota Pontianak. Selain itu, khusus bagi Muslimin ada kegembiraan tersendiri karena dikunjungi Azharuddin Nawawi,yang merupakan tim kerja bagi Muslimin saat menjadi petugas haji tahun 2017 di Saudi Arabia.

Kehadiran pejabat eselon III a Kemenag Kota Pontianak di Kantor Urusan Agama Pontianak Barat tersebut disertai para pejabat eselon IV a dan staf Kemenag Kota Pontianak yakni Sunardi,SH,M.Si Kasubbag Tata Usaha ,Usman.R,S.Pd.I Kasi Bimas Islam,Tusnadi, petugas pengelola Barang Milik Negara dan Hamzah, Roni Darwanto petugas pengelola barang persediaan.

Pada kesempatan tersebut, pria yang pernah menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkayang tahun 2008 ini berdialog dengan H. Muslimin, untuk mengetahui seputar Kantor yang dipimpinnya. Berkaitan dengan pelayanan KUA kepada masyarakat, KUA sebagai ujung tombak Kementerian Agama, berkaitan dengan pelayanan nikah,rujuk, penasehat perkawinan, wakaf dan sekaligus pembinaan terhadap umat.

Selain itu,berkaitan dengan tanah bagunan KUA yang merupakan tanah hak pakai bukan hak milik, masih sulit memperoleh hibah dari Walikota Pontianak. Hal ini dijelaskan oleh Sunardi ,SH,M.Si bahwa untuk tanah KUA sekarang, tidak bisa dihibahkan karena termasuk satu sertifikat dengan Kantor Kecamatan Pontianak Barat. Berbeda dengan KUA Pontianak Utara yang tanahnya terpisah jauh dengan bangunan Pemkot, yang sudah dihibahkan oleh Wali Kota Pontianak ke Kemenag Kota Pontianak, sampai kini prosesnya di BPN sudah sembilan puluh persen menunggu sertifikatnya keluar.

Selain berdialog, pria yang pernah menjabat Kasi Supervisi dan Evaluasi Pendidikan Madrasah dan Penda Islam pada Sekolah Umum Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat tahun 2004 ini juga menyempatkan diri melihat-lihat kondisi ruangan, bangunan dan lingkungan KUA yang berada tidak jauh dari Kantor FKUB Kota Pontianak dan Baznas Kota Pontianak tersebut. Setelah merasa cukup bersilaturrahmi, dan foto bersama, rombongan Azharuddin Nawawi berpamitan. (Gunawan_Ptk).

Berita: