Pontianak (Bimasbuddha) - "Sebagai seorang pelajar harus santun, berakhlak dan memiliki kecerdasan," hal tersebut diungkapkan oleh Ekhsan selaku Kepala Kantor  Kemenag Kota Pontianak dalam  acara pembukaan Pembinaan  Mental Pelajar Buddhis Kota Pontianak. 

Pelajar Buddhis yang juga merupakan generasi penerus bangsa tentunya harus memiliki kecerdasan. Terdapat tiga nilai kecerdasan yang harus dimiliki oleh pelajar yakni kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. 

Pemuda merupakan garda terdepan bagi kemajuan bangsa. Pelajar juga menjadi generasi yang akan menentukan kemana arah tujuan negara Indonesia selanjutnya. "Dunia ada ditangan para pelajar dan pemuda," ungkap Ekhsan.

Tidak hanya kecerdasan tapi pelajar juga harus memiliki sikap santun dan berakhlak. Santun dalam perkataan, santun dalam perbuatan. Bila kedua hal tersebut diterapkan dalam kehidupan, maka akhlak generasi muda akan tetap terjaga dengan baik.

Ia berharap para pelajar Buddha kota Pontianak dapat mengambil manfaat dari kegiatan yang telah diikuti. Ia juga mengung kapkan bahwa Pembinaan mental bagi pelajar sangat perlu diadakan mengingat perkembangan jaman yang semakin maju pesat, sehingga para pelajar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah.

"Saya sangat setuju dengan diadakannya kegiatan semacam ini, saya juga berharap seluruh  pelajar yang hadir dapat mengambil  ilmu yang diberikan dan mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya

Lebih lanjut lagi ia menyampaikan pelajar sebagai generasi penerus bangsa juga harus dapat membangun karakter negara Indonesia yang lebih baik lagi dengan cara menjadi pelajar cerdas, santun dan berakhlak.

Pembinaan Mental pelajar Buddhis kota  pontianak mendatangkan tiga pemateri yang berkompeten untuk memberikan materi kepada para pelajar. Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Yuni Djuachiriaty dengan materi Problematika Remaja, Dampak dan Pananganannya, Yanto dengan materi Penguatan nilai-nilai karakter dalam pendidikan dan Tri wiriyawati dengan materi membangun kepribadian pelajar Buddhis

Pelajar yang hadir tampak antusias dalam mengikuti kegiatan, hal ini ditunjukkan dengan keseriusan dan keaktifan pelajar dalam mengikuti sesi demi sesi. (ks_ptk)

Berita: