Pada Hari kamis, tanggal 03  Agustus lalu tampak kesibukan yang berarti di MTsN Nanga Pinoh. Hal ini disebabkan karena pada hari ini ada vitasi dari Tim Assesor Penilai Akreditasi Madrasah Tahun 2017.Di depan gerbang terpampang spanduk ucapan selamat datang bagi tim assesor di MTsN Nanga Pinoh.

Seperti diketahui bahwa pada penilaian akreditasi madrasah yang dilakukan pada akhir  tahun 2011 lalu MTsN Nanga Pinoh berhasil meraih Akreditasi A ( Amat Baik ). Dan pada tahun ini akan dilaksanakan penilaian kembali, apakah predikat A yang disandang MTsN Nanga Pinoh masih dapat dipertahankan.

Demi hal tersebut seluruh elemen MTsN Nanga Pinoh mulai dari Kepala Madrasah, dewan guru, Tata Usaha dan para siswa bahu membahu mempersiapkan segala sesuatu agar target tersebut dapat tercapai.

Telah tampak kesibukan persiapan dalam penataan dan pembersihan lingkungan serta persiapan dokumen dan perangkat pendukung penilaian yang dibutuhkan. Mengingangat penilaian akreditasi kali ini lebih berat dari tahun sebelumnya karena diharuskan adanya bukti fisik pada setiap instrumen penilaian.

Terdapat 8 standar yang akan dijadikan obyek penilaian. Yaitu standar proses, isi, pengelolaan, penilaian, kelulusan, sarana prasarana, pembiayaan dan tenaga pendidik dan kependidikan. Untuk menyediakan semua elemen pendukung dari masing - masing standar semua bersinerji untuk mempersiapkannya. Kepala Madrasah telah jauh - jauh hari membentuk Tim persiapan pelaksanaan akreditasi yang terdiri dari unsur guru dan tata usaha. Masing - masing diberikan tanggung jawab untuk dapat mempersiapkan segala sesuatu terkait standar yang embankan kepada mereka.

H-2 rapat terakhir tim akreditasi dilakukan dan dilanjutkan dengan penataan semua bukti fisik penilaian. Hingga H-1 semua sudah siap menyambut kedatangan tim assesor yang akan melaksanakan visitasi pada keesokan harinya.

Tim assesor yang terdiri dari elemen dari Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi, Dinas Pendidikan Wilayah Kalimantan Barat dengan didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi selama 2 hari melakukan penilaian, wawancara dan pengamatan dalam rangka penilaian akreditasi madrasah. Proses penilaian dibuka dengan rapat dimana tim assesor menyampaikan poin dan prosedur dalam penilaian akreditasi yang akan dilakukan.

Satu persatu dari masing - masing standar dilakukan penilaian. Dengan full tim seluruh elemen MTsN Nanga Pinoh bersinergi. Hingga akhirnya tiba pada hari terakhir proses penilaian. Semua proses telah dilalui, tinggal menunggu hasil. Berharap semoga hasil yang terbaik diperoleh dan niali akreditasi A dapat dipertahankan. Pelaksanaan visitasi tim assesor dalam rangka penilaian akreditasi madrasah tahun 2017 ini ditutup dengan rapat dan foto bersama.(Okta)