Jakarta (07/05),  Bertempat di Operation Room Kementerian Agama RI, Biro Humas Data dan Informasi menyelenggarakan kegiatan pelatihan media sosial dan siber bagi Kasubbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama se-Indonesia.

Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kemenag Mastuki saat membuka kegiatan menyatakan bahwa publikasi melalui media sosial merupakan bagian dari program prioritas Kemenag, MORA (Minister of Religious Affair) Cyber Team. MORA Cyber menjadi salah satu program prioritas yang telah disepakati pada Rakernas Kemenag RI yang dilaksanakan bulan Januari 2018 lalu. 

Lebih lanjut menurut Mastuki, jika sebelumnya publikasi informasi Kemenag lebih banyak dilakukan melalui website, tapi sudah dua tahun belakangan ini Kemenag telah mulai masuk ke dunia media sosial. 

Upaya optimalisasi publikasi melalui media sosial menurut Matsuki bertujuan agar dapat mensosialisasikan program-program ke masyarakat. Tentunya publikasi yang dilakukan juga perlu memperhatikan konten yang disajikan. 

Mastuki kemudian berharap, humas di Kemenag dapat lebih kreatif untuk dapat merambah pada masyarakat yang milenial, semisal dengan kreasi karikatur untuk menyampaikan pesan yang lebih baik dan cepat dimengerti.

“Inovasi oleh tim kreatif di Humas semakin perlu digerakkan, untuk meningkatkan engagement. Ke depan kita akan mensinergikan akun-akun medsos Kemenag secara massif,” kata Mastuki.

Kegiatan pelatihan media sosial dan siber ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 7 s/d. 9 Mei 2018. Kanwil Kemenag Kalimantan Barat mengutus Fajrin, ST, JFT Pranata Komputer Pertama yang  merupakan Pegawai Subbag Informasi dan Humas. (fa)

Berita: