Pembinaan serta pembentukan iman merupakan suatu tugas yang diemban oleh umat Kristiani, terlebih umat Katolik. Bertepatan dengan Bulan Kitab Suci Nasional, Katekese dalam pembinaan Kitab Suci pada tanggal 14/09/2017 dikediaman bapak Robertus Sunohadi,S.Pd umat Katolik di Sei Mawang Paroki Bunut, Kec. Kapuas, Kab.Sanggau dipimpin dan dibina langsung oleh Daniel,S.Pd (Penyelenggara Bimas Katolik, Kab.Sanggau). Katekese ialah pembinaan anak-anak, kaum muda dan orang-orang dewasa dalam iman yang khususnya mencakup penyampaian ajaran Kristen, yang pada umumnya diberikan secara organis dan sistemastis, dengan maksud mengantar para pendengar memasuki kepenuhan hidup Kristen, dalam konteks ini dimengerti sebagai pengajaran, pendalaman, dan pendidikan iman agar seorang Kristen semakin dewasa dalam iman, tetapi Dewasa ini katekese juga dimengerti sebagai pengajaran sekaligus latihan-latihan bagi para calon baptis, atau kita kenal dengan istilah katekese baptis dan katekese mistagogi.

Dengan kata lain katekese adalah usaha-usaha dari pihak Gereja untuk menolong umat agar semakin memahami, menghayati dan mewujudkan imannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaannya terdapat unsur pewartaan, pengajaran, pendidikan, pendalaman, pembinaan pengukuhan serta pendewasaan. Keaktifan umat dalam mengikuti pembinaan Kitab Suci ini merupakan suatu kesempatan baik, yang dimana umat terus melanjutkan karya Ilahi melalui bacaan bacaan Kitab Suci.  Membaca Alkitab itu lebih dari sekedar pengisi waktu yang mengasyikkan. Membaca Alkitab dapat menjadi kebiasaan sehari – hari yang mampu mengubah kehidupan anda.

Alkitab berisi janji dengan manfaat yang melimpah bagi mereka yang menyediakan waktu untuk membaca, merenungkan dan menerapkan kebenaran Firman Tuhan karena :
1.      Alkitab menolong anda mencegah berbuat dosa
2.      Alkitab membimbing langkah anda
3.      Alkitab memberikan sukacita kepada anda
4.      Alkitab memberikan hikmat kepada anda
5.      Alkitab memberikan damai sejahtera kepada anda
6.      Alkitab memulihkan hubungan anda dengan TUHAN

Alkitab adalah kitab yang bukan hanya perlu sekedar dibaca. Alkitab adalah kitab untuk dipelajari supaya dapat diterapkan. Jika tidak, itu akan seperti menelan makanan tanpa mengunyah dan kemudian memuntahkannya kembali ... tidak ada gizi yang diperoleh. 

Alkitab adalah Firman Tuhan, karena itu sifatnya mengikat, sebagaimana hukum alam.  Bagaimana pentingnya Alkitab dalam hidup kita tidak akan pernah dapat dijelaskan secara memadai. 

Mempelajari Alkitab dapat diilustrasikan dengan menambang emas. Jika Saudara tidak bekerja keras dan hanya "mengayak kerikil di aliran sungai," Saudara hanya akan mendapat sedikit debu emas. Tetapi, jika Saudara berusaha "menggali," Saudara akan mendapatkan upah yang lebih besar untuk usaha Saudara itu. Jelas Daniel,S.Pd dalam memberikan pembinaan Kitab Suci (Penyelenggara Bimas Katolik, Kab.Sanggau).

Dalam pelayanan pastoral juga perlu diketahui bahwa para Pastor Paroki memiliki bagian bagian wilayah untuk pelayanan namun tidak menutup kemungkinan bahwasanya Pastor memerlukan bantuan dari ketua umat, pemimpin umat, dan umat yang telah ditunjuk oleh Pastor Paroki Setempat. (Vitalis)

Berita: