Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang H. Anuar Akhmad, S.Ag  berharap kegiatan  Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Sintang Tahun 2019  di Provinsi Kalimantan Barat dijadikan kesempatan yang baik bagi pendidikan di Kabupaten Sintang, khususnya  guru pendidikan Agama Islam dalam rangka meningkatkan mutu pendidik dan pendidikan menuju terciptanya sumber daya manusia yang agamis, berkualitas dan berakhlaq mulia.

Harapan Kakankemenag tersebut disampaikan saat pelepasan Kontingen PAI Kabupaten Sintang untuk Pentas PAI  Tingkat Propinsi Kalimantan Barat,Selasa (13/8)

H. Anuar Akhmad, S.Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota kontingen yang mendapatkan kepercayaan mewakili Kabupaten Sintang  untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam kegiatan pentas PAI ditingkat Propinsi Kalimantan Barat tahun 2019

H. Anuar  berpesan agar para peserta dapat menjaga kesehatan dan pikiran, dengan kesehatan dan pikiran yang baik senantiasa dapat memacu semangat yang lebih baik dalam mengikuti setiap tahapan kegiatan.

“Harapan saya semua panitia, pendamping, pelatih bisa bekerjasama dengan baik dan kompak mudah mudahan perjalanan lancar sampai tujuan jaga kesehatan, pola tidur dan makan, apa yang menjadi tugas peserta lomba di pahami, dilatih, ingat benar karena mungkin disana tidak banyak lagi waktu untuk berlatih, yang penting jaga kesehatan, selamat bagi seluruhnya untuk kontingen, pendamping, panitia, guru guru, orang tua yang telah mendukung anak anaknya untuk bertanding di Pontianak,” paparnya

Kontingen asal Kab. Sintang yang berangkat berjumlah 22 orang, terdiri dari :Tilawah tingkat SD, SMP, SMA/SMK putra putri: sebanyak 6 orang, Pidato PAI tingkat SD, SMP, SMA/SMK putra putri: sebanyak 6 orang, Cerdas Cermat PAI tingkat SD, SMP : sebanyak 6 orang, Hifdzil Qur’an tingkat SD, SMP putra putri : sebanyak 4 orang

Ditempat yang sama Ketua Panitia Pelaksana yang juga sebagai  Kasi  Pendidikan Agama Islam  Joni MY, S.Sos mengatakan bahwa tujuan dari pada penyelenggaran kegiatan adalah partisipasi aktip program dari Pemerintah, “Kami merupakan kementerian vertikal, jadi urusannya langsung keatas, Provinsi maupun Pusat, sebagai wahana uji kemampuan siswa dibidang keterampilan dan seni pendidikan islam pada jenjang SD, SMP, SMA/SMK”, ucapnya.

Selain itu Joni juga mengapresiasi dan sangat merespon kegiatan Pentas PAI ini, “Peran aktif semuanya yang dapat membuat siswa siswi yang bukan berasal dari pondok tetapi bisa membaca, menghafal Al Qur’an yang mata pelajaran agama hanya empat jam dalam seminggu, saya sangat merepon hal ini,” paparnya.

Lebih lanjut, Joni  menjelaskan untuk peserta tahun ini diikuti oleh 22 peserta dari Kab. Sintang terdiri siswa SD, SMP, SMA/SMK. Ia berharap pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses.