Rabu, 14 Agustus 2019, 09:33 jakahendra

SINGKAWANG. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang H. Azhari, S.Ag, M.Si didampingi Kasi Pendidikan Islam, Mus Muthalib, S.H.I melepas peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kota Singkawang Tahun 2019 yang akan mengikuti kegiatan seleksi KSM tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 pada Rabu, 14 Agustus 2019 di halaman Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Dalam sambutannya, Mus Muthalib menyampaikan kepada peserta untuk tidak terlalu merasa tertekan dalam menghadapi kompetisi ini. “Hadapi dengan santai namun tetap serius. Kemudian menerima hasil yang ditetapkan dengan lapang dada.” Ujarnya. Sedangkan Azhari menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yang berhasil mewakili Kota Singkawang. Hal ini dikarenakan bahwa mereka adalah putra-putri terbaik hasil seleksi tingkat kota yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Azhari berharap kepada para peserta KSM yang akan mewakili Kota Singkawang di tingkat provinsi Kalimantan Barat ini untuk mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang diharapkan dan dapat mengharumkan nama Kota Singkawang. “Selamat berkompetisi, jangan lupa belajar, berjuang dan berdo’a semoga dapat tampil maksimal dan bisa membawa nama baik Kota Singkawang. Selain itu, jangan lupa untuk jaga kesehatan.” pesannya.

Adapun peserta yang berangkat untuk mewakili Kota Singkawang berjumlah 32 orang. Mereka merupakan siswa/i peraih juara I, II dan III pada seleksi KSM tingkat Kota Singkawang yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu di MTsN 1 Singkawang. Mereka nantinya akan mengikuti seleksi KSM tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang akan dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2019 di Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat.

Secara keseluruhan ada 11 cabang yang akan diperlombakan pada KSM ini, yaitu untuk tingkat MI yaitu Sains IPA Terintegrasi dan Matematika. Untuk tingkat MTs ada 3 cabang, yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi. Sedangkan untuk tingkat MA yaitu Kimia Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi, Matematika Terintegrasi. Adapun pemenang/juara tingkat Provinsi akan mewakili Kalimantan Barat untuk mengikuti KSM tingkat Nasional yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan September 2019 mendatang di Manado.(DH/skw)