MIN 1 Sanggau telah secara efektif menerapkan kurikulum K13. Dengan kurikulum ini proses pembelajaran memang membutuhkan banyak praktikum dan pengalaman nyata di lapangan. Dan memang, semua guru di MIN 1 Sanggau telah mendapatkan bimtek K13, sehingga siap untuk melaksanakan K13 secara penuh di madrasah ini. 

Begitulah yang terlihat saat anak-anak kelas VI a melakukan praktikum pengenalan proses pertumbuhan pohon. Kalau dalam kurikulum sebelumnya, dalam mengenal proses ini para siswa hanya dikenalkan secara teori saja, saat ini mereka langsung praktek turun ke lapangan mengenali pohon dan bunga serta proses pertumbuhannya. Dibimbing oleh Saidi Raden Mahmud, S.Pd para siswa kemudian melihat langsung tanaman dan alat pertumbuhan, baik itu benang sari maupun putik. 

Seusai mengamati, para siswa kemudian mencatat dan mendiskusikan fungsi masing-masing alat pertumbuhan ini. Diskusi berjalan lebih hidup karena semua melakukan praktek pengamatan langsung dan tidak sekedar teori. 

"Inilah manfaat K13 yang lebih aplikatif. Nanti saya rencanakan praktikum yang lebih menantang lagi untuk anak-anak ini," jelas Saidi. (fathur)