Mulai berlakunya Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen maka mempersyaratkan guru untuk (1) memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4; (2) memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional; dan (3) memiliki sertifikat pendidik diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya melalui pelatihan, dan penulisan karya ilmiah, pertemuan di Kelompok Kerja Guru (KKG), dan pertemuan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Dengan demikian KKG dan MGMP memiliki peran penting dalam mendukung pengembangan profesional guru. Maka dari itu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya melalui Seksi Pendidikan Islam mengadakan rapat tanggal 7 s/d 8 juni 2017 di ruang tengah yang disulap menjadi aula dengan agenda membahas pembentukan KKG PAI Sekolah Dasar tingkat Kabupaten Kubu Raya dan MGMP SMA/SMK tingkat Kabupaten Kubu Raya. Pembentukan KKG dan MGMP ini dalam rangka mempersiapkan pentas Pendidikan Agama Islam, ujar Kasi Pendis H. Agus Safwan. Dalam rapat ini juga melibatkan Pengawas PAI Kemenag Kubu Raya Drs. Pracoyo.

Semoga dengan terbentuknya KKG dan MGMP ini dapat menjadi forum komunikasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari di lapangan serta sekaligus wahana untuk saling bertukaran pengalaman guna meningkatkan kemampuan guru dan memperbaiki kualitas pembelajaran, harap H. Agus Safwan rabu(7/6).

(Bond/KKR)