Pontianak (bimasbuddha) – Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kalbar gelar rapat koordinasi bersama Kasi dan penyelenggara Bimas Buddha Provinsi Kalimantan Barat. Rapat koordinasi dilakukan pada hari  Kamis (24/5).  Rapat yang dilakukan di Aula Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalbar tersebut diikuti oleh Yanto selaku Penyelenggara Bimas Buddha kota Pontianak, Rakiman selaku Penyelenggara Kab. Kubu Raya, Tri Wiriyawati selaku Penyelenggara Bimas Buddha Kab. Mempawah, Warsito selaku Kasi Bimas Kota Singkawang, Wiyono selaku Kasi Bimas Buddha Kab. Bengkayang, Suryadi selaku Penyelenggara Bimas Buddha Kab. Sekadau dan Titi Suhartinah selaku Penyelenggara Bimas Buddha Kab. Melawi.

Saat acara berlangsung  Ridwansyah selaku Kepala kantor Kanwil Kemenag prov. Kalbar menghadiri kegiatan Rapat tersebut untuk memberikan pengarahan dan bimbingan secara singkat. Ridwansya mengapresiasi atas diadakannya rapat koordinasi antar Pembimas Buddha dan Kasi Penyelenggara Bimas Buddha.

“Melalui rapat koordinasi yang diadakan kita bisa bersama-sama menyatukan sinergi kita semua untuk menjalin kerjasama yang lebih baik lagi,” ungkap Ridwansyah.

Kepala Kantor Kanwil Kemenag Prov. Kalbar juga mengungkapkan bahwa Kasi dan Penyelenggara Bimas Buddha yang berada di daerah merupakan garda terdepan  dan ujung tombak Bimas Buddha dalam melakukan koordinasi didaerah. Oleh sebab itu sebagai intansi yang bergerak dalam pelayanan umat, para Kasi dan Penyelenggara Bimas Buddha harus memahami tugas pokok yang diantaranya adalah: (1) membangun kerukunan antar umat; (2) memantapkan pelaksanaan pendidikan agama di daerah; dan (3) memastikan pelayanan dalam bidang agama.

Senada dengan Ridwansyah, Naryoto selaku Pembimas Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, ia juga mengungkapkan bahwa rapat koordinasi dengan Kasi dan Penyelenggara Bimas Buddha yang berada di daerah sangat penting dilaksanakan guna membangun komunikasi dan dan koordinasi dalam segala hal yang berkaitan dengan pelayanan umat Buddha di wilayah Kalimantan Barat.

Koordianasi dan komunikasi merupakan kata kunci dalam membangun hubungan kerja sama. Hubungan kerjasam harus dibangun mulai dari daerah hingga tingkat provinsi untuk membentuk sebuah tujuan yang baik. Karena sewajarnya sebagai makhluk social tidak mungkin seorang manusia dapat hidup sendiri dan tidak memerlukan bantuan orang lain. Bila koordinasi dan komunikasi sudah berjalan dengan baik ada harapan pelayanan umat di daerah dan seluruh wilayah Kalimantan Barat akan merata.

Dalam rapat yang telah diagendakan, Pembimas beserta Kasi dan Penyelenggara membahas mengenai realisasi anggaran Bimas Buddha Kab/Kota hingga Bulan Mei. Kasi dan Penyelenggara diberikan kesempatan untuk mengemukakan kendala yang dihadapi dalam menlaksanakan tugas dan mencari solusi secara bersama-sama. Dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai program kerja yang menjadi prioritas tahun 2019 mendatang.

Berita: