MEMPAWAH_Rabu (13/09/17), Penyelenggara Buddha Kementerian Agama Kabupaten Mempawah melaksanakan kegiatan Pembinaan terhadap Guru Buddha yang ada di wilayah Kabupaten Mempawah, pelaksanaan kegiatan pembinaan tersebut ditempatkan di Gedung PGRI, yang dihadiri 37 orang guru, baik yang berstatus PNS maupun Non PNS, dengan mengundang pemateri yang profesional di bidang pendidikan, baik di tingkat Provinsi Kalimantan Barat dan tingkat Kabupaten Mempawah.

Dalam pengantarnya Tri Wiriyawati, S.Ag selaku Penyelenggara Buddha menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan adalah untuk meningkatkan kinerja dan peran Guru Agama Buddha dalam membina peserta didik, baik di sekolah formal maupun disekolah non formal, selain itu untuk memberikan wawasan kepada Tenaga Pendidik Agama dan Keagamaan Buddha tentang Kurikulum Sekolah Minggu Buddha, serta pendidikan yang berkarakter.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Dra. Hj. Isriyah mengapresiasi Penyelenggara Buddha beserta para Guru yang berpartisipasi menyukseskan kegiatan dimaksud, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pada kesempatan yang sama Ibu Isriyah menyatakan bahwa peran guru Agama Buddha dalam memberikan pelayanan dan mendorong peningkatan budi pekerti serta pembentukan karakter sangat besar.

“Tugas Guru Agama Buddha salah satunya adalah menanamkan nilai-nilai karakter, dimana saat ini pemerintah telah menyiapkan peraturan terbaru tentang penguatan pendidikan karakter di sekolah, yang berlandaskan budaya bangsa dan karakter Buddhis, oleh sebab itu mari kita dukung upaya pemerintah ini demi meningkat kemajuan pendidikan di Indonesia yang kita cintai ini”, tegas Hj. Isriyah saat membuka kegiatan.

Ketua panitia kegiatan Yuyun, S.Ei melaporkan bahwa Guru Pendidikan Agama Buddha dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Guru Pegawai Neger Sipil yang beragama Buddha dan mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha pada pendidikan formal, selain itu ada guru yang bukan Pegawai Negeri Sipil yang beragma Buddha dan mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha pada Pendidikan Formal.

Sedangkan untuk Pendidikan Keagamaan Buddha terdiri dari guru yang mengajar pada Sekolah Minggu Buddha (SMB) yang telah ditetapkan oleh Yayasan/Lembaga Agama dan Keagamaan Buddha, ada juga guru yang mengajar pada Sekolah Dhammasekha yang telah ditetapkan oleh Yayasan/Lembaga Agama dan Keagamaan Buddha.

Pada kesempatan tersebut disampaikan pemberian bantuan berupa sarana belajar mengajar untuk Sekolah Minggu Buddha yang disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Hj. Isriyah kepada masing-masing perwakilan yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah. (Rudi_Mpw).

Berita: