Pontianak - Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak melalui Penyelenggara Bimas Buddha  menyelenggarakan Pembinaan Guru Agama Buddha Se-Kota Pontianak pada hari Sabtu (30/9) di Hotel Borneo Pontianak. 

Pembinaan dengan 25 peserta tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Guru Agama Buddha Sebagai Transformer Nilai-Nilai Dharma Yang Berdedikasi , Profesional Dan Berkarakter”. Dengan hal lain tujuan dari diadakannya pembinaan tersebut adalah untuk memaksimalkan kinerja dan profesionalisme guru agama Buddha dalam membangun Nilai-Nilai karakter bangsa.

Sesuai dengan program Nawacita presiden indonesia yang mencanangkan tahun 2045 Indonesia akan menuju generasi emas, maka peran guru khususnya guru pendidikan agama  sangat diperlukan dalam penanaman dan penguatan pendidikan karakter bangsa. 

Peserta kegiatan begitu  antusias mengikuti kegiatan tersebut, terlihat dari keseriusan peserta dalam mengikuti setiap sesi materi yang disampaikan oleh para narasumber. Terdapat empat narasumber yang berasal dari lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, dan Kementerian Agama  kota Pontianak yang diantaranya Jawani menyampaikan materi tentang “Agama dan Karakter Bangsa”, Saryono menyampaikan materi mengenai “Kinerja dan Profesionalisme Guru Agama Buddha Yang Berkualitas”, Wafida dengan materi “Nilai-Nilai  Karakter Bangsa Dalam Kurikulum 2013”, dan Yanto yang memaparkan materi mengenai “Peran Guru Agama Buddha Dalam Penguatan Pendidikan Karakter”. 

Para narasumber menekankan bahwa guru pendidikan khususnya guru agama Buddha harus dapat menerapkan penguatan dan pembentukan karakter siswa karena negara yang maju berawal dari karakter bangsa yang baik. Guru juga harus selalu dapat memahami dan wajib update mengenai peraturan-peraturan yang berlaku. (kasah/bimasbuddhaptk)

Berita: