Paloh – Pembimbing Masyarakat Buddha Kanwil Kemenag Prov. Kalbar menyelenggarakan Pembinaan Keluarga Hitta Sukhaya Angkatan II pada hari Jumat (27/9). Pembinaan yang diselenggarakan selama satu hari tersebut dibuka secara langsung oleh Paniran selaku Kasubdit Penyuluhan Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI yang sekaligus melaksanakan pembinaan umat didaerah terpencil.

Mengawali sambutannya Paniran mengucapkan terima kasih yang begitu besar kepada umat Buddha kec. Paloh karena telah menyambut baik dan menerima kedatangannya dengan sangat baik dan ramah. Ia juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi karena umat Buddha di Kec. Paloh masih memiliki semngat yang tinggi dalam melestarikan ajaran Buddha.

Paniran menegaskan bahwa pembinaan yang dilakukan merupakan salah satu cara untuk menjalin silaturahmi dengan umat Buddha yang ada didaerah. “dengan diadakannya pembinaan didaerah saya berharap semangat umat Buddha yang ada disini menjadi lebih tinggi lagi dan saya juga berharap pertemuan kali ini bukan untuk yang terakhir tapi akan ada lagi pembinaan-pembinaan yang selanjutnya”.

Kecamatan Paloh merupakan salah satu wilayah yang ada dipinggiran Provinsi Kalimantan Barat dengan potensi umat Buddha yang cukup banyak. Jarak tempuh yang harus dicapai dari ibu kota Prov. Kalimantan Barat memakan waktu kurang lebih 10 s.d 11 jam perjalanan darat sehingga wilayah tersebut menjadi salah satu tujuan pembinaan umat Buddha yang dilakukan oleh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Prov. Kalbar.

Pembinaan keluarga Hitta Sukkhaya merupakan pembinaan yang diberikan kepada umat yang  telah berumah tangga karena tujuan perkawinan secara Agama Buddha adalah untuk membentuk keluarga bahagia sejahtera yang biasa dikenal dengan istilah keluarga Hittaya Sukaya. Pembinaan yang dilakukan bukan hanya mencangkup bagaimana cara membangun rumah tangga yang harmonis dan bahagia, namun umat yang hadir juga diberi pemahaman akan pentingnya administrasi dalam pencatatan perkawinan di catatan sipil sehingga perkawinan tersebut sah menurut agama Buddha dan diakui negara.

Pembinaan yang dilaksungkan di Vihara Dharma Desana Kec. Paloh tersebut mendatangkan tiga narasumber yang berasal dari lingkungan Ditjen Bimas Buddha, Kanwil Kemenag Prov. Kalbar dan Pukesmas Kec. Paloh. Adapun narasumber yang memaparkan materi pada Pembinaan Hitta Sukhaya Angkatan II Provinsi Kalimantan Barat adalah Paniran, S.Ag., M.Si dengan materi Keluarga Hitta Sukhaya Dalam Membangun Keluarga di Kehidupan Sekarang dan Yang Akan Datang; Saryono, S.Ag., M.Pd dengan materi Pencatatan Perkawinan Menurut Agama Buddha; dan Rita Rahayu, A.Md.Keb dengan Materi Pemahaman Kesehatan reproduksi Bagi Pasangan Muda.

 

Berita: