KAPUAS HULU, Sabtu (4/5/2017) Kepala KUA Kecamatan Putussibau Selatan Iswan,S.Ag kami temui di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu Jalan Kom Yos Sudarso No. 115 Putussubau, dalam rangka memperoleh informasi terkait masalah pembinaan yang diadakan di Kecamatan Bika Kapuas Hulu.

Dalam wawancara tersebut Iswandi menuturkan, kegiatan pembinaan di Kecamatan Bika bukan kegiatan kali pertama, namun kegiatan yang kesekian kalinya, mengingat kegiatan yang serupa juga pernah dilakukan disaat bulan suci ramadhan.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut untuk menguatkan kembali semangat ke-Islaman para mualaf dan ajang mempererat tali silaturrahmi. Jumlah Peserta dalam kegiatan tersebut lebih dari 15 (limas belas) orang, kesemuanya adalah warga mualaf yang berdomisili di Kecamatan Bika. Materi yang disampaikan masih seputar masalah dasar-dasar ke-Islaman, pasalnya pemahaman mereka terhadap materi ke-Islaman masih sangat dangkal.

Iswandi mengatakan, untuk kali ini kegiatan pembinaan mualaf mendapat dukungan yang berarti. Hal tersebut terlihat dari hadirnya Unsur Muspika, Aparat Desa, Dusun maupun Para Tokoh Agama dan Masyarakat setempat. Bahkan tidak ketinggalan partisipasi diberikan juga oleh rekan-rekan Penyuluh Non PNS Kecamatan Putussibau Selatan dan Kecamatan Bika. Dimomen yang baik itu juga digunakan KUA untuk menyerahkan bantuan alahkadarnya kepada para mualaf.

Menurut Iswandi, S.Ag yang akrab di sapa Pak Is, pembinaan yang seperti ini, hendaknya selalu digalakkan mengingat para mualaf yang berada didaerah tersebut sangat minim pembinaan, mereka adalah para penduduk minoritas yang sangat membutuhkan sekali pembinaan kegamaan. 

“Apalagi sekarang, permasalahan ekonomi bisa berpengaruh dengan kemantapan iman seseorang, oleh karenanya pembinaan yang demikian hendaklah selalu diadakan”. Ucap  bapak 2 orang anak kelahiran Seradi Sambas (Ms/Kh)