SINGKAWANG. Dalam rangka meningkatkan mutu dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas serta dalam memberikan pelayanan yang terbaik di masyarakat, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang mengadakan kegiatan Pembinaan Pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) dan Penyuluh Fungsional Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang pada Rabu (8/11).

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang Drs. Nahruji, M.Si menyampaikan bahwa KUA dan Penyuluh merupakan garda terdepan yang merupakan ujung tombak dari Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Ia juga menyampaikan bahwa kondisi masyarakat sekarang lebih kritis dengan didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi dan sumber informasi, maka tidak jarang apabila terdapat kekeliruan dan kesalahan dengan mudah menyebar luas dimasyarakat. KUA merupakan cermin dari Kantor Kemenag, oleh karena itu koordinasi yang baik harus kita tingkatkan. Mari bersama-sama memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun kinerja Kantor Kemenag Kota Singkawang yang lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Drs. H. Muhlis, M.Pd menyampaikan agar dalam melaksanakan tugas sehari-hari selalu bertindak sesuai dengan regulasi yang berlaku dengan  selalu berpedoman pada 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama yaitu: Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan.

Dalam kesempatan yang sama, Muhlis juga menyampaikan bahwa KUA bisa melegalisir buku nikah dilingkungan/wilayah masing-masing sehingga tidak perlu melegalisir ke Kantor Kemenag. Muhlis juga mengingatkan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan harus dibukukan atau diarsipkan dengan baik. Demikian juga dengan laporan kinerja agar segera diserahkan pada tiap awal bulan sehingga hak-hak pegawai seperti tunjangn kinerja dapat dicairkan tepat waktu.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang ini dihadiri sekitar 40 orang yaitu kepala beserta pegawai KUA serta Penyuluh Fungsional se-Kota Singkawang. (Jk/hms)

Berita: