MEMPAWAH _ Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Dra. Hj. Isriyah menghimbau para pelajar Buddhis agar benar-benar memahami tugas dan kewajibannya masing-masing, agar menjadi tunas bangsa yang berkualitas.

Himbauan ini disampaikannya dihadapan 30 orang siswa, pada saat menjadi narasumber kegiatan Pembinaan Pelajar Buddhis tingkat SMP Kabupaten Mempawah Tahun 2017, dengan thema "Upaya Meningkatkan Kualitas Pelajar", yang dilaksanakan di Gedung PGRI Mempawah (12/03).

Masing-masing peserta adalah siswa dan siswi yang berasal dari SMA/SMK se Kabupaten Mempawah yang telah ditugaskan oleh masing-masing Kepala Sekolah.

Tri Wiriyawati selaku panitia menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan ini merupakan wujud dari kepedulian Kementerian Agama terhadap pembinaan umat Buddha di Sekolah, dengan melibatkan para siswa yang ada di masing-masing Daerah khususnya wilayah Kabupaten Mempawah.

"Para pelajar harus memahami dasar-dasar bernegara yaitu Pancasila, dan yang terpenting juga adalah mempertahankan serta mengamalkannya, mulai dari Pancasila sila pertama hingga sila ke lima", pinta Isriyah.

Selain mengamalkan Pancasila tersebut diatas, Isriyah mengajak para pelajar Buddhis untuk mengimplementasikan 4 sifat luhur yang ada dalam ajaran Buddha.

Keempat ajaran tersebut adalah:

1. METTA yaitu cinta kasih pada semua makhluk.

2. KARUNA adalah belas kasihan rasa ingin menolong, makhluk lain yang menderita.

3. MUDITA adalah simpati, ikut bergembira, berbahagia terhadap kebahagiaan makhluk lain,

4. UPEKHA adalah keseimbangan bathin, kesanggupan seseorang untuk tetap senang, tetap berjiwa sabar untuk tidak melakukan yang berlebihan ketika mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan maupun yang menyenangkan.

Pada kesempatan yang sama, seluruh siswa diberikan kesempatan untuk unjuk kemampuan dalam bentuk menyampaikan pendapat-pendapat serta argumen yang berhubungan dengan materi atau pokok bahasan yang dibahas oleh narasumber.

Tampak antara peserta dan narasumber saling merespon dan melakukan interaktif terhadap materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber. (rudi/mpw).

Berita: