Kubu Raya (Senin 7 Agustus 2017) – Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Prov. Kalbar Saryono didampingi oleh salah satu stafnya Mursino, melakukan kunjungan di Yayasan Kutub Utara yang berada di Dusun Nirvana, kelurahan Sungai Kakap, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya. Kunjungan ini dilakukan sebagai salah satu wujud pelayanan terhadap umat Buddha, khususnya dalam melakukan pembinaan lembaga keagamaan Buddha di Kalimantan Barat.

Rasa haru yang mendalam terpancar dari aura yang berseri-seri, penuh kasih, ramah, dan akrab iantara pengurus Yayasan menyambut kedatangan Pembimas Buddha yang satu ini. Kenyataan ini terungkap saat Roby yang merupakan salah satu pengurus, menyambut dengan ramah. “Terima kasih..! terima kasih..! dan terima kasih…! Sama sekali tidak menyangka bahwa Pak Pembimas berkenan hadir di vihara kami, padahal kami hanya mengundang via telepon dan whatsapp. Hal ini bukan berarti kami tidak mau mengundang secara resmi melalui surat, namun semata-mata karena keterbatasan pengetahuan administrasi pemerintahan dan kami akan terus belajar menata diri” ungkap Roby.

Dalam pertemuan bersama antara Pengurus Yayasan dan Pengurus Vihara untuk melakukan pembinaan ini, Saryono menyampaikan beberapa point penting terkait dengan lembaga dan yayasan keagamaan Buddha yang bergerak di bidang sosial keagamaan, diantarana adalah tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan, Struktur Kepengurusan, Akta Notaris, Pengesahan di Menkumham, Tatacara Pendaftaran, hingga asset hak milih yayasan. Yang lebih penting lagi adalah tentang tugas dan kewajiban masing-masing pengurus serta system managemen organisasi dan membangun hubungan kerjasama yang baik dianara mereka secara intern.

Disela-sela perbincangan yang penuh keakraban ini juga ditekankan agar para pengurus vihara mampu menjalin koordinasi atau komunikasi mulai dari lingkungan masyarakat sekitrar, aparat desa setempat hingga ke pemerintahan secara berjenjang. “Kami selaku Pembimas Buddha Prov, Kalimantan Barat siap melayani setulus hati, jangan takut, malu ataupun ragu. Kalau ada Kendala dan permasalahan yang dihadapi kamu siap memberi solusi,” ujar Saryono. (Bimas Budha)

Berita: