Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten  Sekadau rabu (24/1/2018) melakaksanan Pembubaran Kepengurusaan FKUB masa bakti 2012-2017 dan membentukan Kepengurusan FKUB Kab. Sekadau masa bakti 2017-2022. Acara yang berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten sekadau di hadiri Bupati Sekadau diwakili oleh Wakil Bupati Sekadau Kesbangpol ,Satpol PP, Pengurus FKUB Kabupaten Sekadau Masa bakti  2012 – 2017, Kasubbag TU , Kasi dan Penyelenggara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau , Pelaksana TU Kantor Kementerian Agama Kab. Sekadau, POLRES Sekadau, Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama.

Wakil Bupati Sekadau Aloysius dalam sambutannya mengatakan di kabupaten Sekadau memiliki keanekaragaman hayati yang perlu dijaga dan menjaga kerukunan umat beragama adalah tugas kita bersama. Mengingat bahawa pembiayaan FKUB Kabupaten Sekadau ditanggung oleh APBD Daerah Sekadau, yang mana APBD Daerah tercantum dalam pembiayaan DIPA Kesbangpol Sekadau. Maka dari itu, Kesbangpol diharapkan untuk membuatkan SPD dan SK Kepengurusan FKUB Kab. Sekadau masa bakti 2017- 2022.

Berikutnya Wakil Bupati Sekadau mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepengurusan FKUB Kab. Sekadau masa bakti 2012 – 2017 atas kinerja dan kerjasamanya dalam memelihara Kerukunan umat beragama di Kabupaten Sekadau.

Sementara Kasubbag Tata Usaha H.Suprapto, .S Pd I. mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau mengatakan bahwa :  dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/ Wakill Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadat. PBM MA dan Mendagri Nomor 9 & 8 tahun 2006 menyatakan bahwa dalam Bab II Pasal 4 adalah (1) Pemeliharaan kerukunan umat beragama di kabupaten/kota  menjadi tugas dan kewajiban bupati/walikota. (2) Pelaksanaan tugas dan kewajiban bupati/walikota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibantu oleh kepala kantor  Kementerian Agama kabupaten/kota.

Pada Kabupaten Sekadau telah kita diketahui bahwa FKUB Kab. Sekadau terbentuk pada tahun 2012 bulan Nopember. Pada tahun ini 2018 dalam DIPA Kankemenag Kab. Sekadau untuk FKUB Kab. Sekadau sebesar Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah). Lanjut; H.Suprapto untuk 5 kabupaten belum memiliki Kantor Sekretariat FKUB Kab/ Kota, salah satunya Kab. Sekadau maka dari itu untuk sementara waktu menumpang pada Kantor Kementerian Agama Kab. Sekadau  sebagai Sekber FKUB Kab. Sekadau.

Berikutnya Ketua FKUB masa bakti 2012-2017 H.Isnaini menjelaskan bahwa FKUB Kabupaten. Sekadau terbentuk pada tanggal 13 Nopember 2012 dan dibuat keputusan KEPUTUSAN BUPATI SEKADAU Nomor 450/ 226/ Kesbang/ 2012. Bahawa kondisi di Kabupaten Sekadau dalam keadaan kondusif dan aman sehingga sangat mendukung pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama di Sekadau.

Lanjut  H.Isnaini bahwa Dewan Penasihat FKUB Sekadau masa bakti 2012-2017 disamakan saja untuk masa bakti 5 tahun kedepan. Perlu yang diregenerasikan adalah pengurus FKUB Sekadau untuk masa bakti 2017 – 2022. Pembentukan FKUB Kabupaten Sekadau diserahkan kepada kewenangan Bupati Sekadau dan Kantor Kementerian  Agama Kabupaten Sekadau.

Acara Kemudian dilakukan Pembubaran Kepengurusan FKUB Kabupaten Sekadau masa bakti 2012- 2017 dan pembentukan. Untuk Priode 2017- 2022 terpilih Ketua Paulus Lion, H.Isnaini Wakil ketua I, Pdt.Obernalius, Wakil II, Samsu Alam S.Kom Sekretaris I, Pdt .Hasan Sekretaris II, sedangkan anggota diantaranya Thomas Bungsu, Nico Bohot, Yusvia Baslisa, Paulus Sujito,Anto, Hj.Normahawati,S.Pd.SD, Drs.Sunari, H.Bachtiar,Pdt Hart Salmon, Inenga Muliawan,Masyono dan Fo Hai nyan.(Andre)

Berita: