Sambas - Rabu (10/05/2017), sekitar pukul 10.00 wib bertempat di Masjid Ummatul Islam Dusun Semparuk Sebangkau Desa Semparuk Kecamatan Semparuk Kabupaten Sambas telah dilaksanakan kegiatan Pembukaan Manasik Haji Kecamatan Semparuk Tahun 1438 H / 2017 M.

Pada kesempatan tersebut Ketua IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kecamatan Semaparuk,K abupaten Sambas H. Nazirun, S.Pd.I dalam menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa biaya Manasik Haji 100 % ditanggung oleh Kementrian Agama Kabupaten Sambas. Pertemuan Manasik Haji yang biasanya di lakukan selama 12 kali tetapi untuk tahun ini hanya dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan.

Beliau kemudian menjelaskan bahwa pelaksanaan ibadah haji adalah amat berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya dalam Islam seperti sholat, puasa atau zakat. Ibadah haji perlu persiapan yang matang dari segenap Calon Jamaah Haji. Kenapa...? karena ibadah haji itu membutuhkan waktu yang cukup lama, pelaksanaannya lebih berat dari ibadah lainya, jarak tempuh perjalanan yang jauh, berkumpulnya jutaan ummat manusia dan berada di daerah / wilayah yang kondisi alamnya berbeda dengan di Indonesia.

Oleh karena itu Ketua IPHI berharap kesungguhan dan kemauan Calon Jamaah Haji untuk mengikuti kegiatan manasik haji ini dari awal hingga akhir nantinya, sehingga output dari ini akan memperoleh haji yang mabrur. "Manasik haji adalah sebuah proses untuk mendapatkan haji yang mabrur", ucapnya kemudian.

Pada kesempatan yang sama, H.M.Asmar,S.Pd.I selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas dalam sambutannya menyampaikan perlunya Calon Jamaah Haji berucap syukur yang tiada terhingga. “Bersyukurlah bapak/ibu dan saudara hari ini, dimana telah mendapatkan porsi keberangkatan haji tahun ini. Sementara disisi lain masih banyak umat Islam yang belum punya kesempatan untuk pergi haji, masih banyak yang mengantri atau sudah mendaftar pergi haji tetapi belum ada porsi untuk berangkat. Sebab berdasarkan informasi pada Tahun ini daftar antrian untuk keberangkatan haji telah mencapai antrian pada tahun 2029," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan H.M.Asmar bahwa untuk pergi menunaikan haji yang diperlukan pertama sekali adalah niat yang ikhlas kepada Allah. Yang kedua, diperlukan persiapan fisik dan mental yang kuat, sebab ibadah haji lebih banyak ibadah fisiknya, lebih 70 % membutuhkan fisik yang kuat dan sehat. Yang ketiga, senantiasa memperbanyak ibadah kepada Allah.

Yang keempat mari ikuti setiap kegiatan manasik haji ini dengan baik dan disiplin, menerima setiap informasi, pengetahuan dan pengalaman dari tutor haji yang telah disiapkan oleh panitia manasik haji, Mudah-mudahan ibadah haji kita nanti sesuai dengan apa yang telah diperintahkan dan di ajarkan oleh Rasulullah SAW dan tentunya mendapatkan haji yang mabrur. “Maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Manasik Haji Kec. Tebas Tahun 2017 M / 1438 H ini resmi kita buka”, demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas dalam mengakhiri sambutannya.

Selain itu di tempat terpisah Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kec. Semparuk Drs.Herlan menerangkan untuk peserta Manasik Haji Kec. Semparuk berjumlah sebanyak 27 orang Calon Jama’ah Haji dengan rincian yaitu 14 orang jama’ah laki-laki dan 13 orang jama’ah perempuan. (Riduan_sambas)

Berita: