Senin (1/10/2018) telah berlangsung kegiatan pembukaan Mandel’s Cup VIII di halaman utama MAN 1 Singkawang. Pembukaan secara resmi Mandel’s Cup VIII dilakukan oleh Kasi Pendis Kemenag Kota Singkawang yakni H. Mus Muthalib, S.H.I., mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama kota Singkawang yang pada saat itu berhalangan hadir. 

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Kapolsek Singkawang Tengah yang diwakili oleh Ipda Marjalan dan Mizan dari Kementerian Pariwisata Kota Singkawang, seluruh siswa dan siswi MAN 1 Singkawang, alumni, dewan guru dan tamu-tamu undangan lainnya. Pembukaan Mandel’s Cup VIII ini merupakan kegiatan pembukaan yang paling meriah sepanjang pelaksanaan Mandel’s Cup  yang telah dirintis sejak tahun 2007.

Pembukaan mandel’s Cup VIII semakin meriah dengan adanya atraksi drumband MAN 1 Singkawang yang mengiringi parade kontingen ke halaman utama pelaksanaan pembukaan dan sesaat sebelum permainan pertama dimulai.

Mandel’s Cup merupakan kegiatan invitasi bola voli antar pelajar SMA/MA/SMK kota Singkawang, kabupaten Bengkayang dan kabupaten Sambas. Mandel’s Cup kali ini merupakan Mandel’s Cup ke 8  yang diselenggarakan oleh MAN 1 Singkawang dalam rangka mengembangkan minat dan bakat pelajar kota Singkawang, kabupaten Bengkayang dan kabupaten Sambas dalam olah raga bola voli.

Mandel’s Cup merupakan event tahunan yang telah dijadwalkan penyelenggaraannya oleh MAN 1 Singkawang sejak tahun 2007. “Hingga saat ini satu-satunya madrasah yang berani menggelar event bola voli antar pelajar yang melibatkan 3 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat adalah MAN 1 Singkawang,” ujar Samsul, S.Pd., ketua panitia penyelenggara Mandel’s Cup VIII.

Pernah pada tahun 2016 Mandel’s Cup melibatkan seluruh MA se-Kalimantan Barat, namun karena banyaknya kendala dalam penyediaan akomodasi, maka untuk tahun berikutnya Mandel’s Cup kembali melibatkan 3 kabupaten dan kota saja dengan akomodasi diatur oleh masing-masing kontingen.

Kegiatan Mandel’s Cup VIII yang diselenggrakan pada 1 – 12 Oktober 2018 ini diikuti oleh 35 tim putra dan 22 tim putri. Berdasarkan keterangan Samsul, bahwa dari keseluruhan tim yang ikut serta dalam Mandel’s Cup VIII, tim terjauh dari Kabupaten Sambas yakni SMKN 1 Paloh, berikutnya adalah SMAN 1 Jawai. Sedangkan tim terjauh dari kabupaten Bengkayang yakni tim dari MAN 1 Bengkayang yang berasal dari kecamatan Sanggau Ledo, berikutnya menyusul SMAN 1 dan SMKN 1 Sui Raya Kepulauan. Sebanyak 7 wasit yang tergabung dalam PBVSI kota Singkawang yang telah mengantongi sertifikat Nasional.

Hadiah yang diperebutkan dalam Mandel’s Cup VIII ini adalah uang tunai sebesar Rp. 2.000.000,- untuk juara I, Rp. 1.500.000,- untuk juara II, Rp 1.000.000,- untuk juara III, dan Rp. 500.000,- untuk juara harapan I. Hadiah tersebut akan diberikan secara langsung kepada masing-masing tim putra maupun tim putri yang berhasil meraih juara pada acara penutupan Mandel’s Cup tanggal 12 Oktober mendatang. (Rh/MAN 1 Skw)