Upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an XXVII tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018 berlangsung dengan meriah, tertib aman dan lancar, Minggu, 1 Juli 2018 di Mempawah.

Selain dihadiri oleh Seluruh Kafilah dari masing-masing Kabupaten se Kalimantan Barat, hadir pula Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kota, Ketua LPTQ dari masing-masing daerah beserta pejabat daerah dan para undangan lainnya, sehingga suasana pembukaan MTQ XXVII Tingkat Provinsi tampak lebih ramai dan meriah.

Acara pembukaan MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalbar kali ini didahului dengan antraksi seni beladiri Alhikmah Kalbar yang dilanjutkan dengan penyambutan parade Kafilah dari masing-masing Kabupaten se-Kalimantan Barat dan pembacaan Ayat suci Al-qur’an oleh Salah satu Qori terbaik Internasional Hj. Rahmawati, yang pernah mengharumkan nama Kalimantan Barat sebagai Juara Internasional di Kuala Lumpur Malaysia, tahun 1986.

Selaku Panitia Pelaksana dan Tuan Rumah, Bupati Mempawah Drs. H. Ria Norsan, MM,MH menyampaikan selamat datang kepada Seluruh Kafilah dari 14 Kabupaten dan Kota sebagai peserta MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018 di Mempawah.

Ungkapan Selamat Datang juga disampaikan oleh Ria Norsan kepada Pj. Gubernur Kali,amt Barat, Drs. Doddy Riyadmadji, MM, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalaimantan Barat dan Direktur Bimas Islam Kementerian Agama RI yang sengaja diundang secara khusus pada pembukaan MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018 di Mempawah.

Ria Norsan menambahkan bahwa kepada para pemenang yang ditetapkan sebagai peserta terbaik akan mewakili Kalimantan Barat pada even MTQ tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Utara pada bulan Oktober mendatang.

“Kepada pada pemenang juga disiapkan 10 (sepuluh) paket Umrah sebagai penghargaan kepada peserta MTQ terbaik tahun ini,” jelas Ria Norsan kepada seluruh peserta MTQ.

Selain Sambutan Bupati dan Gubernur Kalbar, Direktur Biimbingan Masyarakat Islam juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan. Dalam kesempatan tersebut beliau mengucapkan selamat kepada Bupati Mempawah yang telah memperoleh suara terbanyak sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Barat melalui Hitungan cepat pada masa 5 tahun yang akan datang.

“Maksud diselenggarakannya kegiatan MTQ ini adalah sebagai upaya pembinaan keagamaan terhadap umat sehingga mampu meningkatkan minat seni baca Al-Qur’an serta memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-qur’an sehari-hari,” jelas Dirjen.

Lebih lanjut ia berharap agar tema yang diusung pada MTQ Kalimantan Barat ini betul-betul mampu mewujudkan Kedamaian dan Harmonisasi Masyarakat Kalimantan Barat sebagai mana yang disampaikan oleh panitia.

Pembukaan MTQ XXVII Tingkat Provinsi Tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat Drs. Doddy Riyadmadji, MM. Dalam arahannya Beliau mengingatkan agar umat muslim menjadikan kegiatan ini sebagai  momentum/spirit untuk menjadikan al-qur’an sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan.

Pembukaan MTQ XXVI Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018, ditandai dengan penekanan Tombol Sirene bersama oleh Pj. Gubernur Kalbar, Bupati Mempawah Sebagai Ketua Panitia dan Dirjen Bimas Islam di Tribun Utama Stadion Opu Daeng Manambon Mempawah.

Kemeriahan Pembukaan MTQ XXVI disempurnakan dengan penampilan Tari Kolosal yang menceritakan penyebaran Agama Islam yang di bawa oleh Opu Daeng Manambon sebagai salah satu Tokoh Agama Islam yang makamnya berada di Mempawah. (Ir-Inmas).