Pontianak (13/05). Bertempat di Asrama Haji Pontianak, diselenggarakan Pembukaan Seleksi Calon Penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2018 oleh Kanwil Kemenag Prov. Kalbar. Kegiatan ini dibuka langsung Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar Ridwansyah, dihadiri oleh 143 orang  peserta calon penera PBSB se-Kalimantan Barat.

"Saya berharap seluruh peserta dapat memanfaatkan waktu yang didapatkan dengan sebaik-baiknya, karena momen ini mungkin saja tidak datang untuk kedua kalinya bagi para peserta di ruangan ini," ujar Kakanwil dihadapan hadirin yang terdiri dari Kabid, Kasi, Dan JFU di Bidang Pakis Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, serta teknisi dan operator petugas IT MAN 2  Pontianak. 

Sementara itu Karyawati selaku Ketua Panitia Kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa PBSB merupakan upaya untuk mempercepat ketertinggalan eksistensi Pondok Pesantren di Bidang Sains Dan Teknologi untuk penguatan Tafaqquh Fiddin. PBSB awalnya dimulai Tahun 2005, namun Prov. Kalbar baru ikut serta di Tahun 2007.

Lebih lanjut Karyawati memaparkan bahwa 143 orang peserta PBSB yang terpilih merupakan hasil Verifikasi dilapangan pada tanggal 9 s/d. 11 April 2018 dengan rincian sbb: Kota Pontianak 12 Orang, Kab. Kubu Raya 30 Orang, Kab. Mempawah 40 Orang, Kota Singkawang 40 Orang, Kab. Sintang 9 Orang, dan Kab. Ketapang 12 Orang.

Kemudian dari 143 orang tersebut, memilih perguruan tinggi sbb: UIN Syarif Hidayatullah 34 Orang, UIN Sunan Ampel 42 Orang, Universitas Al Azhar 2 Orang, UGM 26 Orang, UIN Sunan Gunung Jati 2 Orang, UIN Sunan Kalijaga 8 Orang, UIN Walisongo 5 Orang, IPB 3 Orang, ITS 6 Orang, UPI Bandung 15 Orang.

"Peserta diinapkan di Asrama Haji Pontianak, sedangkan tes berbasis komputer dilaksanakan di Lab Komputer MAN 2 Pontianak. Hari ini seluruh peserta mengikuti simulasi tes, sedangkan besok pagi pelaksanaan seleksi," ujar Karyawati  Kasi Pondok Pesantren Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Prov. Kalbar selaku Ketua Panitia. (fa)

Berita: