Upacara pembukaan STQ Tingkat Provinsi XXIV di Pulau Datuk Kabupaten Kayong Utara berlangsung dengan meriah, Selasa (9/5). Acara STQ dimulai dengan pertunjukan Qasidah dan Tari Kreasi dari Budayawan Sukadana, yang dilanjutkan dengan  pembacaan Ayat Suci Al-quran oleh Qori terbaik nasional Duduy Sa’dullah, S.Pd.I sebagai juara I STQ Nasional di Bangka Belitung Tahun 2013, selain itu dia juga pernah menjadi juara 2 STQ Internasional tahun yang sama di Jakarta.

Para tamu undangan dan penonton juga menyaksikan Parade peserta STQ XXIV dari Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat. Kemeriahan Pembukaan STQ  XXIV di KKU ini semakin bertambah semarak ketika lentuman dan gemuruh drumband dari Genta Armada Borneo SMAN 1 Sukadana mengiringi peserta Kafilah yang melintasi Arena Utama.

Tepukan meriah juga terdengar dari ribuan penonton maupun panggung kehormatan saat Perwakilan Gubernur Kalimantan Barat Dr. H. M. Zeet Hamdi Assovie selaku Sekretaris Daerah  memasuki Arena Utama dan disambut oleh Bupati Kayong Utara beserta Jajaran pejabat yang hadir.

Hadir pula  pada pembukaan STQ tersebut Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si dan Kepala Kankemenag Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat. Ribuan penonton juga memadati Arena utama hingga membeludak ke pingir pantai.

Sebagai Ketua Panitia, Bupati Kayong Utara menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh Kafilah, atas kehadirannya pada STQ XXIV tahun ini. Beliau berharap agar pelaksanaan STQ ini terlaksana dengan baik, tertib, aman dan lancar.

“Selaku tuan Rumah Kami berharap agar penyelenggaraan STQ ini berjalan dengan sukses, baik sukses sebagai panitia maupun sukses sebagai juara,” jelas nya.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Drs.Syahrul Yadi, M.Si juga menyampaikan sambutannya. Syahrul Yadi menyatakan bahawa didalam Al qur’an banyak menjelaskan tentang ilmu, saint dan teknologi, oleh karena itu beliau mengajak seluruh umat Islam untuk memahami dan mengamalkan isi Alqur’an.

Semarak Pembukaan STQ semakin terasa saat dibuka oleh Sekda Kalimantan Barat yang ditandai dengan pemukulan Beduk secara bersamaan oleh Bupati Kayong Utara dan Kakanwil Kemenag Kalbar yang diiringi dengan letusan kembang api yang telah disiapkan oleh Panitia. (Ir-Inmas)