Sambas, 08 Agustus 2017. Bertempat di Gedung FKUB Kabupaten Sambas di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas acara yang mengagendakan pemilihan ketua baru dan pergantian pengurus MGMP PAI Kabupaten Sambas pada hari ini adalah rangkaian dari kegiatan pertemuan rutin bagi para Guru Pendidikan Agama Islam se-Kabupaten Sambas pada tahun ajaran 2017 – 2018.

Kegiatan kali ini terlebih dahulu diawali dengan sepatah dua patah kata oleh Bapak Drs. Tofitri selaku Ketua MGMP PAI periode sebelumnya sekaligus juga menyampaikan laporan pertanggungjawaban dari kegiatan yang telah dilaksanakan selama periode kepemimpinan beliau.

Dalam acara tersebut dibuka lansung oleh Ka.Sub.Bag.TU, Sipni, S.Pd.I, M.Pd dalam sambutannya setelah kepengurusan terpilih agar secepatnya mengadakan konsolidasi ke MTs swasta yang menjadi binaan madrasah negeri, karena keterlibatan mereka dalam MGMP sangat diperlukan untuk keseragaman bahan yang dibahas dan diajarkan di kelas, Banyak guru madrasah binaan yang bersertifikasi, sehingga perlu dilibatkan dalam kegiatan maupun dalam kepengurusan MGMP.

Selanjutnya adalah prosesi pemilihan ketua. Diawali dengan penjaringan bakal calon. Dalam hal ini tiap-tiap Pokja yang ada di lingkup kegiatan MGMP PAI Kabupaten Sambas diminta untuk mengajukan tiga orang sebagai bakal calon. Selanjutnya bakal calon yang telah diajukan tadi akan dipilih lewat mekanisme yang telah ditentukan. Berhubung opsi mekanisme musyawarah untuk mufakat ternyata tidak bisa dijalankan, akhirnya pemilihan ketua disepakati menggunakan mekanisme voting dengan pilihan suara terbanyak yang akan menduduki kursi Ketua MGMP PAI Kab. Sambas. (HNK Humas_Kemenag Sambas)