Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Alrahmah Sekadau diberikan Vaksin Campak Rubella, rabu (26/9/2018). Pemberian vaksin di laksanakan olehn Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau. Pemberian Vaksin sekaligus pencanangan Campak Rubella. 

Acara berlangsung di MI Alrahmah Sekadau di hadiri, Bupati Sekadau yang diwakili Asisten III Sapto Utomo bersama Kepala OPD di Lingkungan Pemda Sekadau, Kapolres Sekadau,  Kepala Kemenag yang di wakili Kasubbag Tata Usaha H.Suprapto,S.Pd.i, siswa-siswi MI Alrahmah Sekadau. 

Ketua MUI Kabupaten Sekadau Kiyai Muhdlar mengatakan program imunisasi Measles Rubella/ (MR) merupakan program pemerintah. Di kisahkannya untuk Ponpes Alrahmah di tahun ini belum mendapatkan vaksin. Kepada sekolah yang belum di vaksin Ia menghimbau untuk segera diberikan Imunisasi MR. 

Sementara berdasarkan fatwa MUI bahwa hukum vaksin MR mubah. Permasalahan yang timbul biasanya anak-anak belum siap di vaksin, mengingat bahaya dari penyakit rubella ini sehingga anak-anak di himbau untuk menerima vaksin. Ketika MUI mengeluarkan fatwa bahwa vaksin MR boleh (mubah) maka boleh dilaksanakan oleh umat muslim. Maka tanggung jawab penggunaan Vaksin menjadi tanggung MUI di akherat.

Kepala Dinas Kesehatan Sekadau St Emanuel mengungkapkan pemberian vaksin sebagai strategi imunisasi Nasional, dengan sasaran usia 5 hingga 9 tahun. penyakit campak merupakan penyakit menular. Anak-anak sangat rentang terserang penyakit campak. "Ia Menghimbau puskesmas untuk melakukan imunisasi Campak Rubella bagi masyarakat demi terciptanya Indonesia Sehat," ujarnya. (Andre) 

Berita: