Whatshapp Group Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi mulai kemarin sampai hari ini dipenuhi oleh ucapan selamat atas penegerian MA Persiapan Baitul Ma’rif Nanga Pinoh. Ucapan-ucapan tersebut merupakan ungkapan kegembiraan masyarakat atas capaian prestasi yang telah melewati proses panjang yang dimulai dari tahun 2011. Penegerian ini merupakan moment penantian yang panjang yang dinantikan masyarakat Melawi.

Kegembiraan itu juga dirasakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd yang bersama rombongan dari Melawi sedang menemani Ketua LPTQ yang sekaligus Wakil Bupati Kab Melawi Dadi Sunarya mengikuti MTQ Nasional di Medan Sumatera Utara mulai tanggal 03-13 Oktober 2018. Di tengah-tengah kesibukannya mengikuti MTQ Nasional Haji Abdulbar pada tanggal 08 Oktober berangkat ke Jakarta melalui Bandar Udara Kualanamu menuju Jakarta, untuk melakukan koordinasi di Kementerian Agama Republik Indonesia tentang penegeriaan MA Persiapan Baitul Ma’rif Nanga Pinoh menjadi MAN 01 Melawi.

Di Kementerian Agama RI beliau disambut ramah oleh Kepala Subdit Kelembagaan Abdullah Faqih, M.Ed. Dari beliau Kepala Kantor mendapatkan kepastian penjelasan tentang penegerian MA Baitul Ma’rif tersebut dan menjelaskan bahwa proses penegerian itu sudah ditandatangani oleh Menteri Agama berdasarkan KMA 535. Selain berkoodinasi tentang penegerian MA tersebut Kepala Kantor juga mengkonsultasikan tentang rencana penegeriaan MAS Alikhlas Kota Baru Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi.

Setelah menghadap Kepala Subdit Kelembagaan, Kepala Kantor menemui Kepala Subdit Kurikulum dan Evaluasi untuk mengkoordinasikan tentang persiapan ujian Madrasah. Perjumpaan itu akhirnya menjadi pertemuan nostalgia, maklum beliau pernah menjadi pejabat Kurikulum dan Evaluasi di Kantor Wilayah Kemenag Kalbar dimana pada jaman beliau, Kalbar masuk kategori sepuluh besar terbaik dalam pengelolaan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2016/2017. (geby melawi).