PUTUSSIBAU-KAPUAS HULU – “Saya akan berusaha sesuai kemampuan yang dimiliki untuk mengemban amanah sebagai Penghulu di Kecamatan Silat Hulu, semoga amanah yang diemban kepada saya dapat ditunaikan dengan sebaik-baiknya”, ucap Penghulu Kecamatan Silat Hulu Juli Supardi, S.Pd.I  Saat kami konfirmasi di Kantor Urusan Agama Kecamatan Silat Hulu Desa Dangkan Kota, Jumat (31/08/2018).

Juli mengatakan, bahwa ditahap awal tugasnya masih membenahi administrasi terlebih dahulu. Apabila semuanya telah tertata dengan rapi barulah pelayanan dapat dilakukan dengan baik. Beliau juga harus menjalin komunikasi dengan Kepala KUA Kecamatan Silat Hilir mengingat Jabatan Kepala KUA Kecamatan Silat Hulu sebelumnya dirangkap oleh Kepala KUA Kecamatan Silat Hilir. “Jadi hal-hal yang berhubungan degan data maupun kearsipan akan selalu kami komunikasikan dengan Kepala KUA Kecamatan Silar Hilir”, ujar Juli.

Juli menilai bahwa sambutan masyarakat dengan Pengulu Baru cukup besar, hal tersebut terlihat dari respon masyarakat atas kehadiranya. Bahkah dalam masa perdana tugas beliau di Kecamatan Silat Hulu disambut dengan berbagai permintaan dari masyarakat, diantaranya diminta untuk pembacaan doa saat kegiatan resmi kecamatan, maupun diminta menjadi petugas Khatib, Mengisi Majelis Taklim dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Namun tidak semua saya kabulkan mengingat saya masih ada tugas pokok, disamping itu saya lebih memberdayakan Para Penyuluh yang ada”, tandas Juli.

Beliau berharap, agar kerjasama yang baik dengan  Instansi Kecamatan terkait dan masyarakat Kecamatan Silat Hulu akan dapat terwujud, sehingga dapat menunjang tugas dan  fungsinya sebagai penghulu yang baru. Serta berharap agar rekan-rekan dari Kemenag Kabupaten menyempatkan diri untuk turun ke Silat Hulu guna bersilaturrahim dengan pegawai Kecamatan, serta untuk mengetahui kondisi KUA  yang ada.

“Minimal dengan datangnya tim dari Kabupaten akan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi kami yang berada diudik”, tutup Juli. (Ms/Kh).