Revitalisasi KUA merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama dalam upaya peningkatan layanan kepada masyarakat. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Prof. Dr. H. Muhammadiyah Amin, M.Ag saat berkunjung ke salah satu penerima bantuan pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA melalui pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di Kec. Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, Minggu, (1/7/2018)

Dirjen Bimas Islam menuturkan bahwa penyediaan Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan yang dibangun saat ini merupakan salah satu upaya Kemenag untuk melakukan perbaikan layanan publik pada kehidupan beragama.

Saat berkunjung ke KUA Kec. Sei Raya tersebut, Dirjen Bimas Islam didampingi oleh Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf, Kaharuddin, S.Ag  dari Bandara Supadio Pontianak. Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Ridwansyah, M.Si yang datang lebih awal dilokasi menyambut kedatangan Dirjen Bimas Islam dengan penuh kebahagiaan.

“Saya tidak menyangka kalau Bapak Dirjen bersedia berkunjung langsung ke salah satu KUA di Kalimantan Barat ini, sehingga hal ini merupakan suatu penghormatan bagi kami  yang berada di daerah,” jelas Ridwansyah.

Selain itu Kebanggaan juga dirasakan oleh Kepala KUA Kec. Sungai Raya Kab Bengkayang Ahmad Sihabudin, S.HI saat menyambut kedatangan Dirjem Bimas Islam Kemenag RI di Kantornya. “Kehadiran Beliau tentu memberikan motivasi kepada Kami untuk meningkatkan layanan keagamaan di Kecamatan,” ujar Sihabudin.

Sambil melihat beberapa ruangan di KUA tersebut Dirjen Bimas Islam menegaskan bahwa peningkatan kualitas KUA dengan keberadaan Balai Nikah dan Manasik Haji, bertujuan  untuk memberikan pendidikan keagamaan yang lebih baik kepada masyarakat.  “Ujungnya, kita berharap kualitas kehidupan beragama pun menjadi semakin baik,” imbuh Dirjen. (Ir-Inmas).