Pejabat Struktural Eselon Empat kembali dikukuhkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdulbar, S.Ag,M.Pd di Aula Kantor pada hari Kamis, 13 Februari 2020. Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag mengikuti acara tersebut dengan hikmat mendengarkan Janji atau Sumpah yang diucapkan dengan lantang oleh para pejabat. Hadir dalam acara itu adalah Kepala Kantor, para pejabat Eselon Empat, Kepala KUA dan ASN Kemenag Kabupaten Melawi.

Para pegawai yang mengenakan baju batik baru khas Kalimantan Barat itu dengan fokus mendengarkan arahan Kepala Kantor. Dalam arahanya Bapak Kepala Kantor mengutip ucapan Bapak Menteri Agama yang mengatakan ASN Kemenag RI itu  ibarat kain putih, Ketika kena satu titik noda, noda itu akan kelihatan dan nampak sekalih itu sebagai noda. Demikian pun kita sebagai ASN Kemenag begitu kita melakukan kesalahan, meski kesalahan itu kecil pasti akan menjadi bahan perbincangan publik. Oleh karena itu mari kita jaga nama baik Kementerian Agama ini dengan baik. Mari kita terapkan dan hayati Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia karena dengan demikian kualitas pelayanan kita kan semakin baik di tengah masyarakat,”ajak Kepala Kantor mantap di hadapan ASN.

Lebih lanjut pria berkaca mata yang tegas berwibawa ini mengatakan, “Sudah dua tahun saya bersama Bapak dan Ibu di Melawi ini. Ada banyak capaian dan prestasi yang kita raih bersama. Hal ini terjadi karena ada kebersamaan dan kekompakkan diantara kita. Mari kita jaga kebersamaan ini dengan konsisten karena dengan kebersamaan dan kerja sama apapun yang kita cita-citakan atau yang kita rencanakan dapat tercapai. Mari bekerja dengan maksimal untuk kebaikan kita, keluarga dan masyarakat yang kita layani. Apalagi dari masa ke masa perlahan tapi pasti Tunjangan Kinerja kita terus meningkat. Bukan tidak mungkin kalau kinerja kita bagus tukin kita naik lagi,”terang Haji Abdulbar memotivasi pendengarnya.

“Sebagai ASN Kementerian Agama, mari kita bersyukur. Bersyukur atas kebaikan Allah yang memberikan kita pekerjaan sebagai PNS. Ada banyak bahkan ribuan orang yang mau menjadi PNS tetapi kesempatan itu tidak didapat. Tetapi anehnya kita yang sudah diberikan tugas mulia ini kadang-kadang kita kurang bersyukur, bahkan ada yang bekerja dengan bermalas-malasan. Kalau kita sadar bahwa pekerjaan ini diberikan oleh Allah, maka wajib kita bersyukur. Mari kita bersyukur dengan bekerja secara maksimal, memberikan pelayanan  prima kepada masyarakat dan bersyukur kepada Allah dalam doa dan ibadah kita.”ajak Pak Abdulbar kepada pendengarnya.

“Lima Nilai Budaya Kerja adalah salah satu acuan kita dalam bekerja. Salah satu nilai yang perjuangan selama dua tahun di Melawi adalah Inovasi. Saya berusaha berinovasi dalam struktur kita. Saya berusaha agar struktur Penyelenggara ditingkatkan menjadi struktur Seksi; Seksi Bimas Islam dan Haji dimekarkan menjadi Seksi Haji dan Bimas Islam. Sudah diperjuangkan tetapi belum ada hasil. Tetapi Alhamdulillah kita tetap bersyukur karena ada hasil yang kita perjuangkan bersama yaitu hadirnya MAN Melawi. Ini bisa terjadi karena ada kerjasama kita bersama, untuk itu mari kita tingkatkan kerja sama untuk keberhasilan yang maksimal di masa depan,”harap Kepala Kantor di hadapan ASN yang dengan antusias mendengarnya.

Seusai acara pengukuhan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan  Pakta Integritas yang diikuti oleh seluruh pejabat eselon empat, ASN Kemenag dan diketahui oleh Kepala Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Melawi.