SINGKAWANG. Selasa (15/5) Panitia Penyelenggara kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kota Singkawang Tahun 2018 mengumumkan hasil dan pemenang peserta KSM tingkat Kota Singkawang Tahun 2018 di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Panitia KSM tingkat Kota Singkawang Abu Sahab menyampaikan bahwa KSM yang diselenggarakan pada tanggal 12 Mei 2018 di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Singkawang telah memperoleh hasil dan pemenang untuk setiap tingkatan. Secara keseluruhan ada 11 cabang yang diperlombakan pada KSM ini, yaitu untuk tingkat MI yaitu Sains IPA Terintegrasi dan Matematika. Untuk tingkat MTs ada 3 cabang, yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi. Sedangkan untuk tingkat MA yaitu Kimia Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi, Matematika Terintegrasi.

Dalam sambutannya, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Singkawang, Azhari yang mewakili kepala kantor menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba dan berharap untuk tidak berpuas diri dan terus belajar untuk meningkatkan ilmu yang dimiliki. Adapun untuk peserta yang belum berhasil menjadi juara, ia berpesan jangan bersedih karena ini adalah kesuksesan yang tertunda. Selanjutnya Ia berharap kepada para pemenang seleksi yang telah ditetapkan sebagai utusan yang akan mewakili Kota Singkawang di tingkat provinsi Kalimantan Barat untuk mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang diharapkan dan dapat mengharumkan nama Kota Singkawang. Azhari menyampaikan bahwa KSM tingkat Provinsi rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli 2018 mendatang  atau setelah lebaran dan tingkat nasional dilaksanakan pada bulan September 2018 di Bengkulu.

Adapun sebagai pemenang dalam KSM Tingkat Kota Singkawang tahun ini dan berhak mewakili Kota Singkawang pada KSM tingkat Provinsi untuk jenjang MI yaitu Sains IPA Terintegrasi Bama Dwi Muyasa dari MIN Sedau  dan bidang studi Matematika Safira Arija dari MI Muhammadiyah I. Untuk tingkat MTs bidang studi Matematika Terintegrasi Auliya Rohima dari MTs Muhammadiyah 2, bidang studi IPA Terpadu Terintegrasi Putri Islamiyati dan IPS Terpadu Terintegrasi Sholawaturrohmah dari MTs Al Fatah. Sedangkan untuk tingkat MA yaitu bidang studi Kimia Terintegrasi Safitri Solehah dari MA Ushuluddin, bidang studi Fisika Terintegrasi M. Haykal Hafiz Aswan dari MAN Model, bidang studi Ekonomi Terintegrasi Agustia Ningsih dari MA Ushuluddin, bidang studi Biologi Terintegrasi Adhitya Fajriyadi dari MAN Model, bidang studi Geografi Terintegrasi Nur Annisa dari MA Ushuluddin dan bidang studi Matematika Terintegrasi diwakili sebanyak 3 orang yaitu Mazwen dari MA Ibnu Taimiyah, Yuha Aulia Sari dari MA Yasti dan Estipania dari MA Makarim El Akhlaq. (Jk/Skw)