Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Kota Pontianak mengikuti pelatihan merangkai daun dan ranting. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh ratusan pengurus DWP unsur pelaksana se Kota Pontianak. Acara yang berlangsung di Aula Rohana Muthalib Bappeda Kota Pontianak ini menghadirkan narasumber Hj Jahara Tharmum, SH. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua I DWP Kemenag Kota Pontianak Ny Zainab Juniwati Sunardi yang ditemui, Selasa (15/8/2017).

Menurut Ny Zainab, mengawali sesi pelatihan, di depan seluruh peserta Jahara Tharmum mengatakan bahwa untuk menghasilkan rangkaian daun dan ranting yang indah harus memiliki keterampilan dan jiwa seni. Karena dalam hal merangkai bunga atau daun juga harus memperhatikan estetika dan keindahan dari apa yang dirangkai. Tidak jarang ibu paruh baya ini sering geregetan ketika melihat rangkaian bunga atau daun dan ranting yang dipajang di suatu ruangan acara, karena menurutnya kurang pas.

Oleh sebab itu, lanjut ibu yang sering memberikan pelatihan merangkai bunga di berbagai kegiatan di Kota Pontianak ini, pada saat ingin merangkai daun dan ranting ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain bentuk dan ukuran daun atau bunga yang akan dirangkai. Setelah itu, perhatikan pula bentuk ranting yang akan dipadupadankan dengan daun atau bunga yang akan dirangkai. Supaya hasilnya terlihat indah di pandang mata.

Dalam kesempatan tersebut, Jahara Tharmum langsung mempraktekkan dan memberikan beberapa contoh cara merangkai daun dan ranting. Sebelum mengambil ranting dan daun yang akan dirangkai, ia mengatakan bahwa media yang harus digunakan untuk menancapkan daun dan ranting tersebut adalah spon basah yang sebelumnya harus dimasukkan/direndam ke dalam air sekitar dua jam. Sampai spon tersebut tenggelam dengan sendirinya. Setelah itu baru bisa digunakan, jelasnya.

Setelah memberikan beberapa tips terkait cara merangkai daun dan ranting, seluruh peserta mulai diperkenalkan cara merangkai daun dan ranting yang telah disiapkan sebelumnya. Turut hadir dalam acara tersebut dua Pengurus DWP Kemenag Kota Pontianak, yakni Sekretaris (Ny Sumiati), dan Bendahara DWP Kemenag Pontianak (Ny Muslimah SH). Acara yang berlangsung pada Jumat (11/8/2017) juga dirangkai dengan pertemuan rutin DWP Kota Pontianak.*(Sumi/Ptk)  

Berita: