Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) tingkat SMP Kota Pontianak, Slamet SAg menyambangi Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak, Rabu (6/12/2017). Kedatangan Slamet ke ruangan Seksi yang dikepalai oleh Drs H Ahmad Hanafi MSi ini untuk berkonsultasi dan berkoordinasi terkait pelaksanaan kegiatan MGMP PAI SMP Bulan Desember 2017.

Slamet yang datang bersama salah satu Guru PAI SMP Negeri 4 Pontianak (Drs M Yasin) diterima langsung oleh Pelaksana Seksi PAI, Sumiati J S SosI MSi. Kepada Sumiati, Slamet yang juga adalah Guru PAI pada SMP Negeri 23 Pontianak ini meminta saran dan pendapat terkait waktu pelaksanaan kegiatan MGMP yang dipimpinnya. Apakah tetap dilaksanakan di Bulan Desember 2017 atau ditunda Bulan Januari 2018 mendatang.

Lebih lanjut Slamet mengatakan, sebenarnya ada dua agenda yang menurutnya penting dan harus segera disosialisasikan kepada Guru PAI SMP. Yakni menyangkut pengisian data EMIS yang batas akhirnya tanggal 31 Desember 2017, dan aplikasi pengisian nilai/raport K-13 terbaru. Kebetulan momentnya pas banget sebelum liburan sekolah. Sehingga pengurus berencana akan mengadakan pertemuan MGMP pada Jumat, 8 Desember 2017 (Pukul 14.00 WIB). Kegiatan akan dilaksanakan di SMP Negeri 15, Jalan Khatulistiwa Gang Beringin 3 Kelurahan Batu Layang Pontianak Utara.

Dengan waktu tersebut, lanjut Slamet, ada rekan-rekan guru yang setuju, namun ada juga yang tidak setuju dan menyarankan untuk ditunda di Bulan Januari 2018. Sehingga pengurus merasa perlu mencari jalan terbaik dengan berkonsultasi kepada Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak. Mendengar penjelasan Ketua MGMP PAI SMP tersebut, Sumiati menyarankan agar pertemuan tetap dilaksanakan. Mengingat kedua hal yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut dianggap penting.

“Mengingat dua hal yang akan dibahas dalam pertemuan MGMP dipandang sangat penting, sebaiknya kegiatan tetap dilanjutkan bersama para guru yang setuju kalau pertemuan dilaksanakan. Bagi yang tidak setuju, tidak masalah. Pengurus MGMP sifatnya hanya memfasilitasi kegiatan. Insya Allah bagi Guru PAI yang merasa memerlukan materi tersebut, mereka akan meluangkan waktu untuk datang,” papar Sumiati memberikan pendapatnya.

Mendengar saran tersebut, akhirnya Ketua MGMP PAI SMP Kota Pontianak ini pun semakin yakin dan memutuskan untuk tetap melaksanakan kegiatan MGMP pada Jumat, 8 Desember 2017. Slamet akhirnya menghubungi beberapa pengurus lainnya dan menyampaikan bahwa kegiatan tetap dilaksanakan. Kemudian Slamet juga mengumumkan waktu pelaksaan kegiatan tersebut di Group WhatsApp MGMP PAI SMP Kota Pontianak.*(Sumi/Ptk)    

Berita: