Kantor Kementerian Agama Kab. Landak menyelenggarakan acara peningkatan Fardhu Kifayah melalui seksi Bimas Islam.Dalam Laporannya, Kasi Bimas Islam, Mardani, S.HI menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran DIPA Bimas Islam Kemenag Landak. "Semoga Bapak dan Ibu serta Kepala KUA bisa menindak lanjuti di masing-masing Kecamatan agar pelayanan umat yang berkenaan dengan Fardhu Kifayah berjalan dengan baik", ujarnya. Dia kemudian berharap jika ada masyarakat yang kurang mampu agar bisa diberi bantuan.

Kepala Kantor Kemenag Landak, Dra. ISriyah dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini bisa menjadi penambah pengetahuan bagi peserta. Beliau juga menyampaikan agar para KUA serta petugas fardhu kifayah kecamatan lebih memberdayakan kualitas hidup umat beragama melalui pemberdayaan Masjid,dengan pusat kegiatan umat di masjid akan lebih semarak dan masjid dikecamatan akan memberikan kontribusi positif,dimasjid didirikan pendidikan RA ,TPQ,MADIN dan kegiatan Majlis Taklim dan lainnya, yang ditunjang pendapatnya dari kas masjid.

Jadi selama ini kas masjid kebanyakan hanya digunakan untuk pembangunan masjid, masih ada yang belum disalurkan ke ibadah sosial misal untuk beasiswa bagi anak di lingkungan masjid yang kurang mampu.

Beliau kemudian berharap semoga dengan kegiatan ini salah satu upaya untuk menjalin kerjasama dan pelayann umat akan lebih baik terutama bidang fardhu kifayah yang biasanya berkaitan erat dengan para pengurus masjid dan surau,semakin makmur masjid maka kepentingan umat akan terlayani.

Acara dibuka secara resmi dengan membaca basmalah dan dilanjutkan materi dari Ka.KanKemenag tentang Kebijakan Kementerian Agama yang dimulai dengan paparan visi dan misi dilanjutkan penyampaian materi inti oleh Bapak Asari dari mempawah sekian semoga bermanfaat. Irvansuri/pendis

Berita: