SINTANG, Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIII Tingkat  Kabupaten Sintang  yang berlangsung 23-27 Maret 2018, resmi ditutup Wakil Bupati Sintang , Drs. Askiman, MM, Selasa (27/03), pukul 20.00, di  Stadion Baning Sintang. Kontingen Kecamatan Sepauk. sukses keluar sebagai juara umum.Keberhasilan kontingen MTQ Kecamatan  Sepauk. meraih gelar juara umum setelah meraih nilai tertinggi 50 poin. Disusul kontingen Kecamatan Sungai Tebelian dengan raihan nilai 31 poin, serta kontingen Kecamatan Tempunak dengan meraih nilai 21 poin.

Dalam kesempatan itu, secara simbolis Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM menyerahkan piala bergilir kepada Camat Kecamatan Sepauk Sekaligus menyerahkan bendera LPTQ  Kepada Camat Kecamatan Sungai Tebelian pertanda akan dilaksanakannya MTQ ke-XXIV  tingkat Kabupaten Sintang  tahun 2020 di Kecamatan Sungai Tebelian. Selain itu,  Wakil Bupati juga menyerahkan piala dan uang tunai kepada pemenang I, II, dan III.  Serta kepada Juara Harapan I dan Harapan II Tak hanya sampai di situ, Anggota DPRRI Dapil Kalimantan Barat H. Sukiman, S. Pd,.MM  juga memberikan bonus ibadah umroh kepada  peserta terbaik I dari beberapa cabang yang dilombakan.

“Kepada kontingen yang berhasil menjadi yang terbaik, saya ucapkan selamat atas prestasi yang telah dicapai. Jangan mudah berpuas diri, jadikan keberhasilan ini sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasinya pada MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Mempawah  pada Bulan Juli 2018, mendatang. Kita bertekad untuk memperbailki peringkat yang lebih baik lagi dari Tahun Sebelumnya di tingkat Provinsi Kalimantan,” tegas Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM, ketika menutup MTQ ke-XXIII  Kabupaten Sintang

Wakil Bupati Sintang menerangkan, Semangat untuk membaca, menghayati dan mengamalkan ajaran dari isi kandungan Al- Qur’an dalam kehidupan sehari – hari harus terus kita galakkan dan jangan hanya bersemangat sesaat saja, kita membutuhkan pesan – pesan agung dari Al- Qur’an untuk dijadikan acuan bagi kita untuk menjalankan fungsi sebgai warga masyarakat, dengan demikian apa yang kita cita – citakan  yaiti mewujudkan masyarakat kabupaten Sintang yang Relegius dapat kita capai secara optimal oleh karena itu dengan pelaksanaan MTQ Ke XXIII Tingkat Kabupaten Sintang Kali ini dapat berdampak wawasan penghayatan untuk  dapat memuliakan Al-Qur’an.

Penyelenggaraan MTQ tersebut bertujuan untuk meningkatkan seni baca alquran di masyarakat. Di samping itu pula sebagai upaya untuk memahami arti, makna, dan isi kandungannya. “Jika hal itu dapat dilaksanakan maka alquran akan benar-benar menjadi landasan moral dalam menjalankan aktivitas kehidupan baik secara individu, masyarakat, dan makhluk ciptaan Allah SWT,” ujarnya.

Lebih jauh, bupati berharap penyelenggaraan MTQ dapat berimplikasi pada terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis, berakhlak mulia, serta terhindar dari perilaku yang tidak sejalan dengan ajaran dan tuntunan Islam. “Atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingginya kepada panitia, dewan hakim, pemerintah kecamatan, dan seluruh masyarakat yang telah mendukung penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Sintang  ini hingga berjalan sukses dan lancar,” tutupnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sintang, H. Anuar Akhmad, S. Ag. Dirinya mengapresiasi kesuksesan pelaksanaan MTQ ke-XXIII Kabupaten  Sintang. “Kita ucapkan selamat kepada panita, LPTQ, dan pemerintah Kabupaten Sintang yang telah sukses melaksanakan MTQ ini. Semoga MTQ yang akan datang dapat dilaksanakan dengan lebih sukses dan meriah, dan ucapan terima kasih juga disampaikan  kepada ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang yang telah banyak terlibat baik sebagai panitia, Dewan Hakim, terlebih khusus kepada kepala KUA yang telah berpartisipasi penuh mensukseskan dan mengantarkan kafilah – kafilah kecamatan sehingga semua kecamatan di Kabupaten Sintang berhasil mendapatkan juara walaupun hanya sebagai juara Harapan dan harapan beliau Kegiatan MTQ Ke- XXIV Tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Sungai Tebelian  dapat juga terlaksana sesuai dengan rencana,” tukasnya.

Selain Wakil Bupati Sintang , Drs.  Askiman, MM, penutupan MTQ ke-XXIII Kabupaten Sintang  Tahun 2018 dihadiri Komandan Korem 121/ ABW, Ketua DPRD Kab. Sintang , Sekda, Muspida dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, juga dihadiri anggota DPR RI Dapil kalimantan Barat H. Sukiman, S. Pd, MM serta menghadirkan Dodi Hidayatullah penyanyi nasyid dari Jakarta yang merupakan pelantun Nasyid yang banyak di gadrungi anak-anak muda masa kini melalui lagu- lagu sholawat dan nasyidnya yang populer di media sosial. serta ribuan masyarakat yang memenuhi Stadion Baning Sintang. ( akil, Sintang )

Berita: