MTQ ke 27 tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang di gelar di Kabupaten Mempawah telah selesai. MTQ ini digelar mulai tanggal 1-6 Juli 2018 di Kabupaten Mempawah.

Sebanyak 14 Kabupaten / Kota yang berada di Kalimantan Barat telah turut berpartisipasi mengirimkan perwakilannya dalam gelaran MTQ ke 27 ini. Penutupan MTQ yang di gelar pada Jumat (06/07/2018) malam berlangsung sangat meriah.

Gelaran Penutupan yang difokuskan di Gor Opu Daeng Manambon, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur ini pun menyedot animo masyarakat yang begitu besar.

Ratusan penari kolosal memberikan penampilan yang luar biasa. Pada penutupan kali ini penari menunjukan kemakmuran dan kemajemukan masyakat Mempawah dari masa – ke masa hingga ke masa kini.

Kemajemukan masyarakat di kabupaten Mempawah ini sendiri di tunjukan dengan sangat jelas pada gelaran pentupan MTQ ke 27 ini. Tak ayal, dengan konsep yang luar biasa tersebut, membuat seluruh mata pengunjung terpesona, dan terpuaskan melihat kemeriahan dari acara penutupan.

Pada malam penutupan MTQ, Kepala Kantor Drs. H. Ja’far A. didampingi istri hadir di Stadion Opu Daeng Menambon bersama kepala Kankemenag kab/kota lainnya.

Pada penutupan dibacakan pemenang berdasarkan SK Dewan Hakim. Kafilah Kabupaten Mempawah yang juga sebagai tuan rumah berhasil menggondol juara umum MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalbar, kota Pontianak sebagai juara kedua dan Kabupaten Kubu Raya sebagai juara ketiga.

Ja’far mengungkapkan rasa syukurnya meskipun Kubu Raya belum berhasil meraih juara umum,

Ia berharap dengan diraihnya juara-juara beberapa cabang itu, para peserta dari kafilah Kubu Raya bisa mewakili Provinsi Kalbar pada MTQ Tingkat Nasional yang akan digelar di Medan. “Kita doakan semoga mereka-mereka ini bisa mengukir prestasi di MTQ Tingkat Nasional dan mengharumkan nama Kalbar maupun Kabupaten Kubu Raya,” ujarnya berharap. 

Mantan Kankemenag Kota Pontianak ini meminta mereka yang akan diutus mewakili Kalbar untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional nanti, harus mempersiapkan diri dengan terus berlatih mengasah kemampuannya masing-masing sesuai dengan cabang-cabang yang diikuti. “Selain itu, saya harap mereka juga menjaga kesehatannya sehingga saat pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional nantinya mereka dalam kondisi fit,” pungkasnya. (Bond/KKR)

Berita: