Sungai Duri_Selasa (11/9) Setelah penyambutan di asrama haji Kalimatan Barat,  Jamaah haji Bengkayang kemudian berangkat menuju tempat penyambutan dari Pemda Bengkayang yang di pusatkan di Kec. Sungai Raya, tepatnya di Masjid Nuruddin Sungai Duri. Dari total 62 Jama’ah haji asal Kabupaten Bengkayang, tidak semuanya dapat kembali ke tanah air, karena 1 ada orang Jamaah haji asal Kec. Samalantan yang meninggal dunia pada saat di tanah suci, sehingga hanya 61 orang yang dapat kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat.

Jamaah haji asal Kabupaten Bengkayang ini berangkat dari asrama haji Kalbar menggunakan 2 buah buas yang beriringan beserta rombongan. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam tibalah 61 jama’ah haji kabupaten Bengkayang di Masjid Nuruddin Sungai Duri pada pukul 14.10 Wib disambut dengan gegap gempita tabuhan rebana dan sholawatan dari grup kasidah lokal serta riuh rendah panggilan kepada sanak famili jamaah haji. Namun hal tersebut segera dikondisikan oleh panitia, jamaah ahji segera diarahkan menuju tempat yang telah disediakan untuk mengikuti seremoni penyambutan jamaah haji dari Pemda Bengkayang yang bekerjasama dengan Kemenag Bengkayang serta pengurus masjid Nuruddin.

Selain para jamaah haji beserta keluarga yang menjemput hadir pula para jajaran Forkopimda Bengkayang, para Kepala SKPD, para Camat, Kepala-kepala KUA, forkopimcam, perangkat desa, Koramil, ormas-ormas Islam dan para tamu undangan. Kasubbag TU Kemenag Bengkayang H. Damsir, S.Ag turut serta dalam penyambutan jamaah haji ini, mewakili Kepala Kantor Kemenag Bengkayang.

Bupati Bengkayang yang kali ini berhalangan hadir mewakilkan kata sambutanya kepada Inspektorat Bengkayang M. Ali Sadikin mengucapkan selamat datang kembali kepada para Jamaah haji Bengkayang, semoga amal ibadah yang telah dilaksanakan diterima disisiNya dan menjadi haji yang mabrur, dan semoga ibadah haji memberikan dampak yang postif pada keseharian kita. Adapula sambutan dari Ketua rombongan jamaah haji Bengkayang H. Anas Yusuf Thoyib yang mengatakan rasa syukurnya prosesi ibadah haji telah dilaksanakan dengan baik, memang ada beberapa kendala namun berkat kesigapan para petugas haji hal itu dapat diatasi.

Setelah seremoni penyambutan dilanjutkan dengan sholat ashar berjamaah dan para jamaah haji dapat kembali ke keluarga masing-masing untuk melepaskan rindu setelah sekian lama tak bertemu. Masing-masing keluarga telah siap dari siang untuk menjemput anggota keluarganya yang menjalankan ibadah haji dan langsung  memuat barang bawaan ke dalam kendaraan masing-masing berupa tas dan koper untuk segera dibawa pulang.  (Akhzari)

Berita: